Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui model pembelajaran Think Pair Share siswa kelas V SDN Payaman 3 Kabupaten Nganjuk / Inna Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui model pembelajaran Think Pair Share siswa kelas V SDN Payaman 3 Kabupaten Nganjuk / Inna Rahmawati

Rahmawati, Inna (2012) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui model pembelajaran Think Pair Share siswa kelas V SDN Payaman 3 Kabupaten Nganjuk / Inna Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci think pair share membaca pemahaman Hasil observasi menunjukkan bahwa masalah tentang kemampuan membaca pemahaman yang terjadi di SDN Payaman 3 Kabupaten Nganjuk masih sangat rendah. Dalam mengajar guru hanya menggunakan metode yang kurang variatif atau kurang menarik perhatian. Di samping itu guru mengajar tanpa menggunakan media pembelajaran akibatnya siswa merasa jenuh dan tidak ada antusias untuk belajar. Berdasarkan uraian tersebut tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran TPS dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman isi bacaan siswa kelas V dan mendeskripsikan penerapkan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan kemampuan kemampuan membaca pemahaman isi bacaan siswa kelas V serta mengorganisasikannya dengan anggota kelompok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman isi bacaan pada siswa yaitu terbukti hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan klasikal dari 43 % pada pratindakan siklus I menjadi 70 % sedangkan pada siklus II mencapai 87 % . Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan menggunaan model pembelajaran TPS dalam kemampuan membaca pemahaman terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Maka disarankan agar guru menggunakan pembelajaran TPS dalam pembelajaran membaca pemahaman untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104227

Actions (login required)

View Item View Item