Profil kesalahan siswa kelas III Sekolah Dasar dalam memecahkan masalah dengan Draw A Diagram Heuristioc yang berkaitan dengan pecahan sederhana / Setiyarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil kesalahan siswa kelas III Sekolah Dasar dalam memecahkan masalah dengan Draw A Diagram Heuristioc yang berkaitan dengan pecahan sederhana / Setiyarini

Setiyarini (2012) Profil kesalahan siswa kelas III Sekolah Dasar dalam memecahkan masalah dengan Draw A Diagram Heuristioc yang berkaitan dengan pecahan sederhana / Setiyarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci profil kesalahan siswa memecahkan masalah draw a diagram heuristic pecahan sederhana. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran penting dan strategis yang harus dikuasai siswa. Berdasarkan studi pendahuluan di SDN Penanggungan Malang siswa banyak melakukan kesalahan terutama soal yang berkaitan dengan pecahan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan profil kesalahan siswa kelas III sekolah dasar dalam memecahkan masalah menggunakan draw a diagram heuristic yang berkaitan dengan pecahan sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data siswa kelas III sekolah dasar se-gugus VI Klojen Malang sebanyak 125 siswa. Penelitian dilakukan pada bulan Maret 2012. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu siswa melakukan kesalahan dalam (1) mengarsir gambar yang menunjukkan suatu pecahan (73 6 %) (2) meletakkan pecahan pada garis bilangan (24 %) (3) melengkapi garis bilangan dengan pecahan yang sesuai (25 %) (4) mengurutkan pecahan dan meletakkan pecahan pada garis bilangan (80 %) (5) menunjukkan pecahan dalam bentuk gambar (24 8 %) dan (6) menyelesaikan soal cerita menggunakan draw a diagram heuristic yang berkaitan dengan pecahan sederhana (siswa tidak dapat menunjukkan dengan gambar sebesar 18 4 % pada soal nomor 11 dan 63 2% pada soal nomor 14 serta siswa menjawab salah sebesar 61 6% pada soal nomor 11 dan 61 6% pada soal nomor 14). Penyebab siswa melakukan kesalahan dalam membandingkan dua pecahan yaitu (1) soal mengarsir gambar yang menunjukkan suatu pecahan bukanlah hal baru akan tetapi memiliki bentuk gambar berbeda (2) siswa dalam mengurutkan pecahan hanya melihat penyebut tanpa memperhatikan pembilang (3) siswa menjumpai hal yang baru sehingga mereka merasa kesulitan (4) siswa kurang memahami masalah (5) siswa kurang tepat dalam menghitung (6) siswa kurang memahami perintah soal (7) siswa kurang teliti (8) bahasa soal yang kurang komunikatif (9) tidak terdapat prosedur penyelesaian soal cerita seperti yang biasa dilakukan siswa (diketahui ditanyakan jawab). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa siswa banyak melakukan kesalahan dalam memecahkan masalah menggunakan draw a diagram heuristic yang berkaitan dengan pecahan sederhana. Disarankan kepada guru untuk memberikan soal-soal (masalah) yang bervariatif kepada siswa serta mengingatkan siswa agar lebih teliti dalam mengerjakan soal. Kepada peneliti selanjutnya disarankan agar menggunakan bahasa yang mudah dipahami siswa (komunikatif) hendaknya menggunakan prosedur penyelesaian (diketahui ditanyakan jawab) dan mengingatkan siswa untuk teliti dalam mengerjakan tes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104225

Actions (login required)

View Item View Item