Analisis buku ajar IPS kelas VI Sekolah Dasar se-Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar / Farit Trio Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku ajar IPS kelas VI Sekolah Dasar se-Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar / Farit Trio Anggraini

Anggraini, Farit Trio (2012) Analisis buku ajar IPS kelas VI Sekolah Dasar se-Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar / Farit Trio Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Analisis Buku Ajar IPS SD Buku ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar tertulis yang berguna bagi siswa dan guru sebagai sumber belajar. Berdasarkan hasil wawancara Rabu 11 November 2011 di UPTD Pendidikan Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar menunjukkan bahwa buku ajar pedoman pokok mata pelajaran IPS yang digunakan di seluruh wilayah tersebut adalah BSE yang ditulis oleh Arif Julianto Sri Nugroho Nur Siwi Ismawati Westriningsih dengan judul IPS untuk kelas VI SD/MI penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Jakarta tahun 2008. Perlu adanya analisis yang mendalam terrhadap buku ajar tersebut sehingga akan diketahui kelayakan buku sebagai buku pedoman pokok mata pelajaran IPS di seluruh Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kesesuaian isi materi dengan kurikulum (2) mengetahui kebenaran konsep isi materi dan (3) mengetahui kesesuaian media dalam buku ajar IPS kelas VI SD susunan Arif Julianto dkk. Penelitian ini merupakan penelitian analisis dengan subyek berupa buku ajar BSE mata pelajaran IPS kelas VI SD susunan Arif Julianto dkk yang digunakan di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Aspek yang dikaji adalah kesesuaian isi buku terhadap kurikulum kebenaran konsep materi dan kesesuaian media. Instrumen yang digunakan berupa pedoman analisis. Berdasarkan penelitian diperoleh data (1) kesesuaian isi dengan kurikulum dengan rincian (a) dari 257 materi terdapat 220 materi yang urutanya sesuai dengan indikator (b) dari 257 materi terdapat 243 materi yang lingkupnya sesuai dengan indikator. (2) dari 97 konsep terdapat 86 konsep yang benar. (3) dari 155 media terdapat 114 media yang sesuai dengan materi yang dipaparkan. Hasil penilaian urutan isi tergolong sesuai sebesar 85 6% penilaian lingkup materi tergolong sesuai sebesar 94 6% penilaian kebenaran konsep sebesar 88 7% benar dan penilaian media sebesar 73 5% sesuai dengan materi yang dipaparkan. Kesimpulan penelitian terhadap buku ajar BSE susunan Arif Julianto dkk yaitu (1) memiliki urutan dan lingkup materi yang tergolong sesuai dengan kurikulum (2) konsep yang tergolong sesuai kebenaranya (3) media yang tergolong cukup sesuai. Dari hasil kesimpulan tersebut diajukan saran-saran pertama bagi guru dan pengguna buku sebaiknya melakukan kajian kelayakan terhadap buku ajar mata pelajarn IPS kelas VI SD susunan Arif Julianto dkk sehingga akan diketahui kelayakan buku tersebut sebagai sumber belajar. Kedua bagi penerbit buku sebaiknya memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan kesempurnaan buku

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104223

Actions (login required)

View Item View Item