Analisis buku teks Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV SD se-gugus 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Aulia Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku teks Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV SD se-gugus 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Aulia Damayanti

Damayanti, Aulia (2012) Analisis buku teks Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV SD se-gugus 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Aulia Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci analisis buku teks Pendidikan Kewarganegaraan SD. Buku teks merupakan buku acuan yang digunakan dalam pembelajaran. Saat ini ketergantungan buku teks oleh pihak siswa dan guru cukup tinggi. Buku teks menjadi suatu buku rujukan yang utama baik bagi siswa maupun guru dalam kegiatan belajar mengajar. Namun tidak semua buku teks yang beredar di sekolah-sekolah layak digunakan dalam pembelajaran. Untuk itu tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui kesesuaian pendekatan penulisan dalam buku teks PKn kelas IV SD se-Gugus 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dengan pendekatan dalam kurikulum 2006 (2) untuk mengetahui kesesuaian materi buku teks PKn kelas IV SD se-Gugus 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dengan standar isi dalam kurikulum 2006 dan (3) untuk mengetahui kesesuaian sistem penilaian dalam buku teks PKn kelas IV SD se-Gugus 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dengan sistem penilaian dalam kurikulum 2006. Untuk mencapai tujuan tersebut maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sedangkan untuk tekniknya penelitian ini dirancang dengan teknik analisis isi. Sumber data penelitian ini adalah buku teks Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV Sekolah Dasar karangan Sarjan dan Agung Nugroho dengan penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Data hasil analisis isi dikumpulkan dengan menggunakan instrumen. Data yang dikumpulkan sebagai berikut (1) pada bab 1 bab 3 bab 5 dan bab 6 sebagian besar materi ditulis dengan menggunakan pendekatan kognitivisme dan materi lainnya ditulis dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme sedangkan pada bab 2 dan bab 4 seluruh materi ditulis dengan menggunakan pendekatan kognitivisme (2) dari 143 tujuan pembelajaran terdapat 68 tujuan pembelajaran yang dijelaskan dalam materi buku teks PKn karangan Sarjan dan Agung Nugroho (3) sebagian besar soal yang terdapat dalam buku teks PKn karangan Sarjan dan Agung Nugroho merupakan soal dalam ranah kognitif sedangkan soal dalam ranah afektif terdapat 3 butir soal dan soal dalam ranah psikomotor dan soal untuk penilaian portofolio tidak ada. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan (1) pendekatan yang digunakan dalam buku teks PKn kelas IV kurang sesuai dengan pendekatan konstruktivisme (2) materi yang dijabarkan dalam buku teks PKn kelas IV kurang sesuai dengan kurikulum 2006 (3) sistem penilaian yang ada dalam buku teks PKn kelas IV SD karangan Sarjan dan Agung Nugroho kurang sesuai dengan kurikulum 2006. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) bagi penerbit sebaiknya melakukan revisi pada buku teks PKn kelas IV karangan Sarjan dan Agung Nugroho dan 2) bagi guru sebaiknya lebih selektif dalam memilih buku teks yang akan digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104222

Actions (login required)

View Item View Item