Peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model Discovery Learning materi pecahan di kelas III SDN 1 Wonorejo Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Blitar / Naviah Yunari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model Discovery Learning materi pecahan di kelas III SDN 1 Wonorejo Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Blitar / Naviah Yunari

Yunari, Naviah (2012) Peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model Discovery Learning materi pecahan di kelas III SDN 1 Wonorejo Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Blitar / Naviah Yunari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci peningkatan hasil belajar discovery learning pecahan. Pembelajaran Matematika dalam materi pecahan di kelas III SDN 1 Wonorejo tahun ajaran 2011/2012 terdapat beberapa kekurangan. Guru hanya menggunakan metode ceramah tidak menggunakan media sehingga siswa kurang berminat dan tidak aktif dalam pembelajaran. Setelah pembelajaran selesai siswa mengerjakan tugas LKS kemudian mengumpulkan hasil pekerjaan di meja guru untuk dinilai. Setelah dilakukan penilaian ternyata dari 19 siswa hanya terdapat 6 siswa yang memilki nilai di atas KKM kelas yaitu 60. Penelitian ini akan menguraikan bagaimana penerapan model discovery learning dalam meningkatkan pembelajaran matematika materi pecahan dan mencari jawaban apakah model discovery learning dapat meningkatkan hasil pembelajaran matematika di kelas III SDN 1 Wonorejo Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Langkah-langkah penelitian berupa perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Data yang diperoleh berupa hasil tes lembar observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan mengumpulkan data menyajikan dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan penerapan model discovery learning diperoleh peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa di kelas III. Peningkatan hasil belajar dari pratindakan siklus I ke siklus II sebagai berikut. Pada tahap pra tindakan rata-rata nilai kelas 53 73 dengan prosentase ketuntasan 32%. Siklus I dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 mengalami peningkatan rata-rata sebesar 3 16 dengan peningkatan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 10%. Siklus II dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 mengalami peningkatan rata-rata sebesar 9 22 dengan peningkatan prosentase ketuntasan secara klasikal sebesar 16 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Matematika setelah diterapkan pembelajaran menggunakan model discovery learning. Dengan demikian hendaknya guru dapat menggunakan model ini saat melaksanakan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104221

Actions (login required)

View Item View Item