Ambarwati, Adna Arum (2012) Analisis aspek moral dalam karangan narasi pada siswa kelas v SDN Penanggungan Malang / Adna Arum Ambarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Aspek Moral Karangan Narasi Sekolah Dasar Bahasa merupakan alat komunikasi bagi kehidupan kita. Dalam proses pembelajaran bahasa memegang peranan yang penting dalam perkembangan intelektual sosial dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Salah satu aspek dalam pembelajaran bahasa yaitu menulis. Proses menulis tidak hanya melibatkan kegiatan fisik saja tetapi juga kegiatan berpikir yaitu tentang apa yang akan ditulis dan bagaimana cara menuliskannya. Dalam pembelajaran menulis atau mengarang kemampuan menulis siswa dalam suatu karangan tidak hanya aspek kebahasaan saja yang harus tersirat dan dinilai namun juga aspek-aspek yang lain seperti aspek kognitif aspek afektif dan aspek moral. Aspek moral dalam karangan dapat tersirat melalui kalimat-kalimat yang dibuat anak apakah anak sudah mampu menerapkan pengetahuan moral yang selama ini ia terima dalam karangan yang dibuatnya. hal ini penting untuk dikaji karena dengan memahami perkembangan moral siswa maka guru dapat mengeksplorasi memilih dan menentukan bahan belajar strategi pembelajaran model-model pemberian motivasi serta bentuk-bentuk evaluasi yang tepat untuk mewujudkan proses pembelajaran yang efektif. Kenyatannya dalam lapangan masih jarang diadakan penelitian tentang aspek moral baik oleh peneliti maupun guru. Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu untuk mendeskripsikan aspek moral yang terdapat dalam karangan narasi siswa. Aspek moral dalam karangan narasi siswa dapat dianalisis dengan instrumen model perkembangan moral yang bersifat komulatif terekspresikan melalui pertimbangan moral norma karakteristik fisik hukum status konvensional tujuan atau motif norma konsep abstrak universal dan sistem nilai personal. Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berwujud karangan narasi siswa kelas V SDN Penanggungan Malang. Instrumen yang digunakan berupa instrumen kunci yaitu peneliti dan instrumen pendukung berupa tugas mengarang dan tabel kodifikasi data. Analisis data dilakukan dengan cara identifikasi data kodifikasi data klasifikasi data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara membaca karangan narasi siswa berulang-ulang sebagai wujud perpanjangan keikutsertaan. Berdasarkan data hasil penelitian yang diperoleh aspek moral dalam karangan narasi siswa diperoleh data bahwa aspek moral terekspresikan pada 30 karangan siswa yaitu 10 aspek moral norma tindakan fisik (25%) 15 norma hukum (37 50%) 6 norma status (15%) dan 3 norma konvensional (7 5%) 1 norma tujuan atau motif (2 5%). Pertimbangan norma abstrak universal dan personal belum terekspresikan dalam karangan siswa. Hal ini berarti bahwa kapasitas perkembangan moral yang terekspresikan dalam karangan siswa kelas V SDN Penanggungan Malang tampaknya baru sampai pada munculnya sosionomy yakni norma yang menimbulkan perasaan toleransi terhadap orang lain. Adapun norma-norma konsep abstrak universal dan pengembangan sistem nilai secara personal yang menandai munculnya autonomy belum terekspresikan. Selain itu dari hasil penelitian diperoleh data bahwa tidak semua karangan mengandung aspek moral hal ini dapat disebabkan karena beberapa hal diantaranya substansi tugas mengarang lingkungan siswa kebiasaan menulis siswa serta tingkat perkembangan moral siswa. Oleh karena itu disarankan pada guru lebih memahami tingkat perkembangan menulis dari aspek moral yang dapat dilihat salah satunya melalui kehadirannya dalam karangan narasi siswa. Dengan memahami hal tersebut diharapkan akan dapat membuahkan pengalaman belajar khususnya dalam pembelajaran bahasa indonesia bagi siswa yang kaya akan nilai-nilai kebaikan. Selain itu guru dapat mengeksplorasi memilih dan menentukan bahan belajar strategi pembelajaran model-model pemberian motivasi serta bentuk-bentuk evaluasi yang tepat untuk mewujudkan proses pembelajaran bahasa indonesia yang efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104219 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |