Peningkatan hasil belajar IPS melalui strategi belajar tuntas (Mastery Learning) pada kelas V SDN Kartoharjo 1 Kabupaten Magetan / Anesta Handarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui strategi belajar tuntas (Mastery Learning) pada kelas V SDN Kartoharjo 1 Kabupaten Magetan / Anesta Handarini

Handarini, Anesta (2012) Peningkatan hasil belajar IPS melalui strategi belajar tuntas (Mastery Learning) pada kelas V SDN Kartoharjo 1 Kabupaten Magetan / Anesta Handarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci peningkatan hasil belajar ips strategi mastery learning Berdasarkan observasi pada pembelajaran IPS Kelas V SDN Kartoharjo 1 Kabupaten Magetan diperoleh nilai yang sangat rendah dari 15 siswa hanya ada 3 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM sedangkan 12 siswa dinyatakan belum tuntas belajar. Hal ini dikarenakan pendekatan dalam pembelajaran masih terlalu didominasi peran guru sehingga siswa menjadi pasif tidak bersemangat dan malas dalam mengikuti pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan adanya perbaikan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi mastery learning dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS pada siswa Kelas V. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pratindakan hanya ada 3 siswa yang sudah mencapai KKM. Hal ini berarti hanya 20% siswa yang tuntas belajar. Setelah menerapkan strategi mastery learning dalam pembelajaran pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 65% dan pada siklus II meningkat 21% menjadi 86%. Sedangkan nilai akhir siswa meningkat 26% dari pra tindakan ke siklus I yaitu mencapai 46%. Dan mengalami peningkatan lagi 18% dari siklus I ke siklus II yaitu mencapai 84%. Dari 15 siswa yang tuntas dalam belajar sebanyak 14 siswa sedangkan yang 1 siswa belum tuntas dalam belajar dikarenakan siswa mengalami kesulitan dalam belajar. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi mastery learning dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan demikian hendaknya guru dapat menerapkan strategi mastery learning ini dalam pembelajaran IPS untuk memperbaiki hasil belajar siswa dalam menguasai materi IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104218

Actions (login required)

View Item View Item