Penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas v SDN Sumberkradenan Pakis Malang / Eva Febriana Basuntarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas v SDN Sumberkradenan Pakis Malang / Eva Febriana Basuntarti

Basuntarti, Eva Febriana (2012) Penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas v SDN Sumberkradenan Pakis Malang / Eva Febriana Basuntarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasil Belajar Faktor Penyebabnya PKn Sekolah Dasar Salah satu masalah pendidikan formal yang menjadi topik umum saat ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di tingkat dasar. Gaya belajar yang dilakukan oleh masing-masing siswa berbeda. Gaya belajar yang konsisten cenderung mendapatkan hasil belajar yang memuaskan sedangkan gaya belajar yang tidak teratur cenderung akan mendapatkan hasil belajar yang kurang memuaskan.Hasil belajar dalam proses pembelajaran diharapkan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Hasil Belajar UTS kelas V di SDN Sumberkradenan Pakis Kabupaten Malang yang berjumlah 29 siswa ini menunjukkan bahwa ada 5 siswa yang dapat memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (SKM) dan 24 siswa lainnya belum dapat mencapai Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang hasil belajar siswa dan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa kelas V di SDN Sumberkradenan Pakis Kabupaten Malang. Dalam penelitiannya peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan analisis dokumen dengan sasaran penelitian siswa kelas V di SDN Sumberkradenan Pakis Kabupaten Malang tahun ajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab rendahnya hasil belajar siswa V di SDN Sumberkradenan Pakis Kabupaten Malang dikarenakan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal penyebab rendahnya hasil belajar yaitu seperti faktor Intelegensi atau Tingkat Kecerdasan faktor Latihan atau Ulangan faktor Motivasi Belajar dan faktor Bakat dan Minat. Sedangkan faktor eksternal penyebab rendahnya hasil belajar yaitu meliputi faktor Keluarga faktor Masyarakat kelompok sebaya dan faktor Sekolah . Mengingat minat siswa tergolong rendah pada mata pelajaran PKn ini. harus memperhatikan pola belajar mereka dan sekolah hendaknya lebih memperhatikan keadaan sekolah terutama kondisi ruang kelas yang dipergunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104217

Actions (login required)

View Item View Item