Analisis kesalahan ejaan dalam karangan narasi pada siswa kelas v SDN Bumiayu 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Khoridha Rusanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan ejaan dalam karangan narasi pada siswa kelas v SDN Bumiayu 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Khoridha Rusanti

Rusanti, Khoridha (2012) Analisis kesalahan ejaan dalam karangan narasi pada siswa kelas v SDN Bumiayu 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Khoridha Rusanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kesalahan ejaan karangan narasi siswa kelas V SD. Kesalahan berbahasa merupakan proses yang mempengaruhi siswa dalam mempelajari bahasa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di Kelas V SDN Bumiayu 1 Kota Malang ditemukan kesalahan-kesalahan penggunaan ejaan dalam bahasa tulis siswa. Kesalahan dalam penggunaan ejaan akan menjadi sumber kesalahpahaman dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tulis. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesalahan ejaan yang difokuskan pada (1) kesalahan pemakaian huruf kapital (2) kesalahan penggunaan tanda baca dan (3) kesalahan pemenggalan kata. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa karangan narasi siswa kelas V SDN Bumiayu 1 Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes membuat karangan narasi yang kemudian dianalisis kesalahan ejaannya. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan kesalahan pemakaian huruf kapital dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Bumiayu 1 Kota Malang sebanyak 985 butir dengan persentase 69 36% yang masuk dalam kategori kesalahan banyak kesalahan penggunaan tanda titik sebanyak 215 butir dengan persentase 15 14% yang masuk dalam kategori kesalahan sedikit kesalahan penggunaan tanda koma sebanyak 113 butir dengan persentase 7 96% yang masuk dalam kategori kesalahan sedikit kesalahan penggunaan tanda tanya sebanyak 4 butir dengan persentase 0 28% yang masuk dalam kategori kesalahan sangat sedikit dan kesalahan pemenggalan kata sebanyak 103 butir dengan persentase 7 25% yang masuk dalam kategori kesalahan sedikit. Dari hasil tersebut diketahui bahwa kesalahan terbanyak terjadi dalam pemakaian huruf kapital. Dari deskripsi hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SDN Bumiayu 1 melakukan kesalahan penggunaan ejaan diantaranya pemakaian huruf kapital penggunaan tanda titik tanda koma tanda tanya serta pemenggalan kata. Mengingat pentingnya ejaan dalam bahasa tulis maka disarankan bagi guru untuk (1) lebih memperhatikan penggunaan Ejaan yang Disempurnakan terhadap setiap tulisan siswa tidak hanya dalam karangan (2) guru menunjukkan kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengarang dan mengingatkan agar siswa tidak mengulangi kembali kesalahan dan (3) lebih sering memberikan latihan membaca dan menulis pada siswa. Hal ini dimaksudkan agar hasil tulisan siswa menjadi lebih baik tidak hanya dari segi isi tetapi juga ejaannya. Bagi peneliti lanjutan disarankan untuk melakukan penelitian pada aspek bahasa yang lain tidak terbatas pada bahasa tulis agar nantinya penggunaan bahasa Indonesia menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104216

Actions (login required)

View Item View Item