Peningkatan hasil belajar matematika luas bangun datar melalui model pembelajaran van hiele pada siswa kelas III SDN II Demuk Kabupaten Tulungagung / Andriyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika luas bangun datar melalui model pembelajaran van hiele pada siswa kelas III SDN II Demuk Kabupaten Tulungagung / Andriyani

Andriyani (2012) Peningkatan hasil belajar matematika luas bangun datar melalui model pembelajaran van hiele pada siswa kelas III SDN II Demuk Kabupaten Tulungagung / Andriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar luas bangun datar model Van Hiele Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas III SDN II Demuk Kabupaten Tulungagung pada waktu pembelajaran matematika adalah sebagai berikut ((1) pembelajaran masih tradisional (2) guru tidak menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) (3) guru tidak menggunakan media pembelajaran (4) siswa bermain sendiri saat pembelajaran (5) siswa kurang dapat memahami materi dan (5) hasil belajar siswa rendah hanya 2 dari 8 siswa yang mencapai KKM. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu (1) bagaimana penerapan model pembelajaran Van Hiele pada pembelajaran matematika materi luas bangun datar pada siswa kelas III SDN II Demuk Kabupaten Tulungagung dan (2) apakah model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun datar pada siswa kelas III SDN II Demuk Kabupaten Tulungagung . Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SDN II Demuk Kabupaten Tulungagung dengan subjek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 8. Dalam penelitian ini peneliti dibantu oleh guru mitra. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran serta data hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi catatan lapangan tes dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa meningkat. Hal tersebut dapat dilihat aktivitas guru pada siklus II mencapai 97 22% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus II mencapai 92 59% dengan kriteria sangat baik dan hasil belajar siswa mencapai hasil yang maksimal yaitu 100% dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika tentang mengitung luas bangun datar (persegi dan persegi panjang). Melalui model pembelajaran Van Hiele pembelajaran menjadi terpusat pada siswa karena model ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat menemukan konsep sendiri. Untuk itu guru hendaknya menggunakan model pembelajaran Van Hiele dalam pembelajaran metematika khususnya materi geometri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104215

Actions (login required)

View Item View Item