Studi implementasi manajemen berbasis sekolah di Sekolah Dasar Negeri Turen 02 Kabupaten Malang / Amalia Etik Yuniarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi implementasi manajemen berbasis sekolah di Sekolah Dasar Negeri Turen 02 Kabupaten Malang / Amalia Etik Yuniarti

Yuniarti, Amalia Etik (2012) Studi implementasi manajemen berbasis sekolah di Sekolah Dasar Negeri Turen 02 Kabupaten Malang / Amalia Etik Yuniarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah SDN Turen 02 Manajemen berbasis sekolah (MBS) merupakan paradigma baru dalam dunia pendidikan. Manajemen berbasis sekolah (MBS) muncul akibat dari adanya Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999 tentang Otonomi Daerah. Sebagai paradigma baru dan dampak dari otonomi daerah maka sekolah diberikan otonomi luas untuk mampu mengelola sekolahnya secara mandiri dengan melibatkan masyarakat sekitar. Pelibatan masyarakat dimaksudkan agar mereka lebih memahami membantu dan mengontrol pendidikan. Melalui manajemen berbasis sekolah sekolah diberikan kesempatan dan kewenangan untuk menggali menentukan prioritas mengendalikan dan mempertanggung jawabkan pemberdayaan sumber-sumber baik kepada masyarakat maupun pemerintah. Fokus penlitian ini ialah implementasi manajemen berbasis sekolah di SDN Turen 02 Kabupaten Malang. Dengan rincian fokus yaitu (1) manajemen kurikulum dan pengajaran (2) manajemen tenaga pendidik dan kependidikan (3) manajemen kesiswaan (4) manajemen keuangan (5) manajemen sarana dan prasarana pendidikan (6) manajemen hubungan sekolah dan masyarakat dan (7) manajemen layanan khusus. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan rancangan studi kasus. Pemilihan informan dan sumber data dilakukan secara puposive sampling dan snowball sampling. Lokasi dalam penelitian ini di SDN Turen 02 Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi berperan serta wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data bersifat induktif dan lebih menekankan pada proses. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tahapan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memperoleh keabsahan data dilakukan pengujian dengan credibility depenability dan confirmability. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa manajemen kurikulum di SDN Turen 02 berpedoman pada BSNP dan disesuaikan dengan kondisi siswa dan lingkungan sekitar sekolah. Manajemen tenaga pendidik dan kependidikan dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang ada. Sekolah hanya berwenang mengangkat guru tidak tetap (guru sukwan). Untuk mengembangkan profesionalisme tenaga pendidikk dan kependidikan SDN Turen 02 memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti workshop seminar atau on the job training yang diselenggarakan pemerintah maupun instansi terkait. Manajemen kesiswaan sekolah berwenang untuk merencanakan dan mengelola penerimaan siswa setiap tahunnya. Hal ini disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekolah sehingga siswa dapat belajar dengan nyaman. Manajemen keuangan di SDN Turen 02 dilaksanakan secara transparan dan akuntabel. Pihak sekolah selalu menginformasikan kepada orang tua/wali murid disetiap pertemuan tentang keadaan keuangan sekolah. Manajemen sarana dan prasarana pendidikan di SDN Turen 02 dikelola dengan baik dan hampir lengkap. Hal ini terlihat dengan adanya buku inventaris sekolah selain itu pihak sekolah selalu melakukan pengecekan rutin terhadap fasilitas yang ada. Manajemen hubungan sekolah dan masyarakat dikelola sedemikian rupa sehingga masyarakat peduli terhadap pendidikan anaknya dan peduli terhadap kondisi sekolah serta keamanannya. Manajemen layanan khusus dikelola agar siswa lebih nyaman belajar di sekolah dengan adanya perpustakaan koperasi siswa dan layanan kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian diantaranya disampaikan saran untuk kepala sekolah guru serta masyarakat sekitar SDN Turen 02 agar dapat mempertahankan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah. Selain itu pelaksanaan yang sudah ada tersebut dapat ditingkatkan menjadi lebih baik dari yang sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104213

Actions (login required)

View Item View Item