Widyawati, Bekti (2012) Perbedaan hasil belajar PKn siswa kelas V antara yang diajar menggunakan metode Role Playing dengan yang diajar metode Ceramah Bervariasi di SDN Beru 1 Wlingi Blitar / Bekti Widyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci hasil belajar Sekolah Dasar role playing ceramah bervariasi Hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn masih sangat kurang terbukti dari hasil post test siswa masih banyak yang kurang memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh guru khususnya pada materi pokok keputusan bersama. Oleh karena itu peneliti memilih pembelajaran dengan menggunakan metode role playing karena metode ini cocok diterapkan dalam pembelajaran PKn yang mempelajari nilai-nilai sosial moral dan pencerminannya dalam tingkah laku. Dengan metode role playing siswa dapat belajar sambil mempraktikkan secara langsung pada suatu keadaan tertentu (learning by doing). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn dengan materi pokok keputusan bersama antara yang diajar menggunakan metode role playing dan siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah bervariasi baik seketika sesudah pembelajaran maupun beberapa minggu setelah pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian komparasi atau comparative study. Kelas yang diajar menggunakan metode ceramah bervariasi dan kelas yang diajar menggunakan metode role playing dipilih karena memiliki kemampuan yang relatif sama didasarkan pada nilai rata-rata PKn siswa kelas V semester II. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberikan tes untuk mengukur kemampuan siswa dalam penguasaan materi PKn. Tes tersebut dilakukan sebanyak 2 kali dengan soal tes sama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Beru 1 Wlingi Blitar semester genap tahun ajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini adalah 64 siswa yaitu kelas V yang diambil secara random. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji t independent. Dari hasil analisis uji hipotesis pada post test kedua kelas diperoleh nilai t hitung t tabel (5 436 1 998) dengan taraf signifikansi 5% maka Ho ditolak artinya ada perbedaan hasil belajar siswa kelas V antara siswa yang diajar menggunakan metode role playing dengan yang diajar menggunakan metode ceramah bervariasi pada mata pelajaran PKn di SDN Beru 1 Wlingi Blitar. Namun demikian ada siswa dari kelas yang diajar menggunakan metode role playing nilainya menurun dan ada siswa dari kelas yang diajar menggunakan metode ceramah bervariasi yang nilainya naik. Tampaknya perlu ada penelitian lanjutan untuk melihat retensi untuk jangka waktu lebih lama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104212 |
Actions (login required)
View Item |