Pravianti, Noviana (2012) Pengaruh permainan kartu domino perkalian terhadap hasil belajar perkalian pada siswa kelas III gugus I Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2011/2012 / Noviana Pravianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Kartu domino perkalian hasil belajar. Pendidikan sangat berpengaruh terhadap kualitas kehidupan suatu bangsa. Guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk memberlakukan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). KTSP menggunakan paradigma pembelajaran konstruktivistik dimana pembelajaran yang dilakukan berpusat pada siswa (student-centered). Salah satu media pembelajaran yang berorientasi pada teori konstruktivistik yaitu media pembelajaran kartu domino perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan media kartu domino perkalian terhadap hasil belajar perkalian siswa kelas III gugus I Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil observasi kunjungan kelas pada hari senin tanggal1 nopember 2011 mulai jam 07. 30 pagi sampai selesai pada waktu proses belajar mengajar berlangsung serta wawancara langsung dengan guru kelas III di SDN Wonorejo Trisulo I dan II Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri dapat dilihat bahwa nilai hasil ulangan / hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika hanya mencapai rata-rata 55 7 di SDN Wonorejo Trisulo I dan 58 0 8 di SDN Wonorejo Trisulo II. Ini dapat dilihat dari rata-rata nilai dari soal yang diberikan oleh peneliti pada waktu observasi (soal dan nilai rata-rata terlampir). Padahal menurut pedoman penilaian kelas pada KTSP yaitu 67% dengan nilai yang dicapai 6 7. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu (quasi eksperimen). Rancangan eksperimental semu digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas III gugus I Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri tahun ajaran 2011/2012 dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas III SDN Wonorejo Trisulo I dan II. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan (terdiri dari silabus RPP LKS dan media kartu domino perkalian). Instrumen pengukuran penelitian yaitu intrumen hasil belajar pre-tes dan post-tes. Masing- masing intrumen terdiri dari 10 soal. Analisis data dilakukan dengan uji t pada signifikansi 945 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen (menggunakan media pembelajaran kartu domino perkalian) lebih baik daripada kelas kontrol (menggunakan pembelajaran ceramah). Rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen sebesar 78 50 dengan persen ketuntasan 90 90% sedangkan kelas kontrol sebesar 67 30 dengan persen ketuntasan 60 60%. Uji t juga menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol (thitung (2 358) ttabel(1 997)). Dari paparan data di atas disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan hasil belajar perkalian siswa kelas III SDN Wonorejo Trisulo I dan II yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran kartu domino perkalian dengan yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran ceramah pada materi pokok perkalian. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran kartu domino perkalian baik digunakan untuk membelajarkan materi perkalian dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104211 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |