Kusumastuti, Narendradewi (2012) Peningkatan kemampuan kognitif melalui beans games pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Kedawung 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Narendradewi Kusumastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci kemampuan kognitif Beans Games. Kemampuan kognitif dalam mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kedawung 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar masih rendah. Hanya 30% anak yang memiliki kemampuan mengenal lambang bilangan yang cukup tinggi. Ditemukan beberapa masalah yang menjadi penyebabnya yaitu media dan sumber belajar anak masih kurang menarik dalam pembelajaran suasana bermainnya kurang sehingga anak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut (1) bagaimana penerapan Beans Games untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Dharma Wanita Kedawung 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar (2) apakah penerapan Beans Games dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Dharma Wanita Kedawung 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode pengumpulan data observasi. Subyek penelitian anak kelompok B tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 20 orang. Penelitian dilakukan selama dua siklus meliputi tahapan (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan (4) refleksi. Alat pengumpul data berupa lembar penilaian kemampuan kognitif anak dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Penerapan Beans Games di terapkan dengan langkah-langkah sebagai berikut. Anak mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan mengenal angka guru bertanya biji apa yang dibawa guru menunjukkan wadah yang dibawa kemudian bertanya angka berapa yang ada diwadah dan warnanya guru menjelaskan cara bermain dengan biji-bijian anak diminta menyebut angka 1-10 anak diminta untuk bermain dengan menggunakan biji anak mencocokkan biji dengan angka yang ada di wadah. Peningkatan kemampuan kognitif pada pratindakan mencapai rata-rata 55 5 dan persentase ketuntasan 30% dengan kategori belum mampu siklus I mencapai rata-rata 63 3 dan persentase ketuntasan 55 % dengan kategori kurang mampu siklus II mencapai rata-rata 82 77 dan persentase ketuntasan 87% dengan kategori sangat mampu. Kesimpulan dari permainan ini dapat dilakukan di dalam maupun di luar kelas biji yang digunakan sebaiknya berukuran besar. Anak sangat antusias dan bersemangat ingin mencobanya karena menggunakan berbagai macam biji dan mempunyai warna yang menarik. Saran yang dikemukakan yaitu hendaknya guru menggunakan permainan Beans Games untuk meningkatkan kemampuan kognitif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104209 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |