Peningkatan hasil belajar melalui metode simulasi model games dalam pembelajaran IPS kelas V SDN Bagorkulon III Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk / Anyta Yuliatanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar melalui metode simulasi model games dalam pembelajaran IPS kelas V SDN Bagorkulon III Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk / Anyta Yuliatanti

Yuliatanti, Anyta (2012) Peningkatan hasil belajar melalui metode simulasi model games dalam pembelajaran IPS kelas V SDN Bagorkulon III Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk / Anyta Yuliatanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar metode simulasi model games pembelajaran ips. Berdasarkan observasi hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN Bagorkulon III masih sangat rendah. Banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM yang telah ditentuan yaitu 65. Dari jumlah siswa 14 yang mendapat nilai dibawah KKM sejumlah 12 siswa dan yang mendapat nilai diatas KKM sejumlah 2 siswa hal ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat sehingga siswa merasa bosan tidak tertarik dan tidak melakukan aktivitas apapun. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan metode Simulasi Model Games. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPS bagi kelas V SDN Bagorkulon III Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Bagorkulon III Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes observasi dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa lembar hasil belajar siswa dan rekapitulasi nilai akhir pembelajaran. Hasil penelitian nilai rata-rata hasil belajar pada pra tindakan awal siswa adalah 46 28 dengan ketuntasan klasikal sebesar 14 28%. Setelah dilaksanakan siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 46 61 dengan ketuntasan klasikal sebesar 21 43%. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 68 93 dengan ketuntasan klasikal sebesar 85 71%. Dari 14 siswa yang tuntas diatas KKM dalah 12 siswa sedangkan 2 siswa dibawah KKM karena memiliki kelainan. Kesimpulannya bahwa Metode Simulasi Model Games bila diterapkan sesuai dengan langkah-langkah dapat meningkatkan aktivitas dan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104208

Actions (login required)

View Item View Item