Pengaruh model guided writing procedure terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN Dampit 2 Malang / Zaimmatus Sa'diyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model guided writing procedure terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN Dampit 2 Malang / Zaimmatus Sa'diyah

Sa'diyah, Zaimmatus (2012) Pengaruh model guided writing procedure terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN Dampit 2 Malang / Zaimmatus Sa'diyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Guided Writing Procedure Keterampilan Menulis Narasi Sekolah Dasar Bahasa merupakan simbol yang harus dikuasai oleh manusia untuk dapat melakukan komunikasi. Kemampuan berbahasa terdiri dari bahasa lisan dan bahasa tulis. Kemampuan berbahasa ini dapat di pelajari di sekolah dasar melalui pembelajaran. Salah satu pelajaran yang dapat dijadikan sarana untuk mempelajari bahasa yaitu Bahasa Indonesia. Pembelajaran bahasa Indonesia mencakup empat aspek kebahasaan yaitu membaca mendengar berbicara dan menulis. Keempat aspek kebahasaan tersebut terkait satu dengan yang lain. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Dampit 2 Malang aspek menulis merupakan aspek kebahasaan yang dianggap sulit. Oleh karena itu untuk mengatasi kesulitan dalam menulis model guided writing procedure digunakan sebagai upaya untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh model guided writing procedure terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN Dampit 2 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu rancangan penelitian kuasi eksperimen dimana ada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang akan dijadikan populasi dalam penelitian. Tahap penelitian dengan menerapkan model guided writing procedure ada 3 yaitu (1) guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan menyampaikan cara yang dilakukan dalam pembelajaran (2) siswa membaca teks dan mempelajarinya ditinjau dari judul ide pokok pola pengembangan paragraf (3) berdasarkan pemahaman teks yang dibaca siswa melakukan kegiatan pramenulis menulis karangan dan melakukan perbaikan. Berdasarkan hasil penelitian keterampilan siswa dalam menulis karangan mengalami peningkatan nilai rata-rata 9.93. Keterampilan awal siswa dalam mengarang memiliki nilai rata-rata 69.26 kemudian dilakukan perlakuan dengan model guided writing procedure sehingga keterampilan akhir siswa menjadi 79.19. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan yaitu penerapan model guided writing procedure memiliki pengaruh terhadap keterampilan siswa dalam menulis narasi. Hal ini berarti bahwa penerapan model guided writing procedure dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Oleh karena itu disarankan pada guru untuk menerapkan model guided writing procedure dalam pembelajaran karena sesuai dengan hasil penelitian model ini dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia aspek menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104207

Actions (login required)

View Item View Item