Analisis butir soal evaluasi pada buku teks bahasa Indonesia kelas III SD terbitan Pusat Perbukuan Depdiknas / Ahmad Khoiri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis butir soal evaluasi pada buku teks bahasa Indonesia kelas III SD terbitan Pusat Perbukuan Depdiknas / Ahmad Khoiri

Khoiri, Ahmad (2012) Analisis butir soal evaluasi pada buku teks bahasa Indonesia kelas III SD terbitan Pusat Perbukuan Depdiknas / Ahmad Khoiri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Analisis Soal Evaluasi Buku Teks. Soal evaluasi merupakan salah satu komponen penentu kualitas dari sebuah buku teks. Namun penggunaan buku teks yang merupakan drop dari Dinas Pendidikan dengan alasan buku teks telah sesuai dengan KTSP belum tentu menjamin kualitas baik dari suatu buku teks. Untuk itu diperlukan analisis mendalam mengenai kualitas soal evaluasi dalam buku teks. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama untuk mencari kesesuaian butir soal evaluasi dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas III SD terbitan Pusat Perbukuan Depdiknas dengan jabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar kelas III SD Kedua untuk menilai kelayakan butir soal evaluasi dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas III SD terbitan Pusat Perbukuan Depdiknas berdasarkan kriteria kelayakan soal. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah butir soal evaluasi semester ganjil pada buku teks Bahasa Indonesia Kelas III SD terbitan Pusat Perbukuan Depdiknas tahun 2008 karangan Kaswan Darmadi dan Rita Nirbaya dari tema 1 sampai dengan tema 5. Instrumen penelitian ini adalah tabel pengumpul data analisis kurikuler dan teknik statistik. Data yang dikumpulkan adalah kesesuaian butir soal evaluasi terhadap jabaran SK dan KD dalam KTSP dan data kelayakan soal berdasarkan validitas reliabilitas indeks kesukaran dan daya beda soal. Hasil analisis data melalui analisis kurikuler menunjukkan secara keseluruhan dari tema 1 sampai dengan tema 5 semua soal telah memenuhi subtansi aspek kebahasaan dan keterampilan berbahasa. Hasil analisis teknik statistik menunjukkan soal evaluasi telah memenuhi kriteria kelayakan soal namun belum secara optimal. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan pertama butir soal evaluasi pada buku teks Bahasa Indonesia Kelas III SD terbitan Pusat Perbukuan Depdiknas dari tema 1 sampai dengan tema 5 dengan jumlah 60 butir soal telah memenuhi jabaran SK dan KD yang termuat dalam KTSP dari aspek kebahasaan keterampilan berbahasa dan kesastraan. Kedua butir soal evaluasi telah memenuhi kriteria kelayakan soal namun belum secara optimal dan memerlukan revisi agar layak digunakan. Saran-saran dari hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama penulis hendaknya selain mengacu pada kurikulum juga mendasarkan pada kriteria kelayakan soal untuk dapat secara optimal memenuhi persyaratan validitas reliabilitas indeks kesukaran dan daya beda soal. Kedua penerbit hendaknya melakukan revisi dengan tim ahli sebelum menerbitkan buku teks agar menjamin soal evaluasi dapat layak digunakan dan berkontribusi dalam pencapaian standar kelulusan. Ketiga guru hendaknya proaktif dalam menyempurnakan kegiatan evaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104206

Actions (login required)

View Item View Item