Analisis buku teks bahasa Jawa kelas 3 SDN Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Gun Sasongko Rahmanu - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku teks bahasa Jawa kelas 3 SDN Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Gun Sasongko Rahmanu

Rahmanu, Gun Sasongko (2012) Analisis buku teks bahasa Jawa kelas 3 SDN Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Gun Sasongko Rahmanu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci analisis buku teks pendekatan penulisan materi bentuk evaluasi. Buku teks bahasa Jawa sebagai salah satu sumber belajar guru dan siswa di sekolah dalam menunjang proses pembelajaran. Penelitian yang membahas penilaian buku teks bahasa Jawa masih jarang dilakukan oleh Mahasiswa PGSD UM. Berdasarkan hasil survei yang pernah dilakukan peneliti memperoleh data bahwa di Perpustakaan Universitas Negeri Malang tahun 2011 Karya Ilmiah yang membahas tentang penilaian pada buku bahasa Jawa sekolah dasar masih jarang. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Mendeskripsikan kesesuaian pendekatan penulisan buku teks dengan pendekatan Pembelajaran bahasa Jawa di Sekolah Dasar. (2) Mendeskripsikan kesesuaian materi dalam buku teks dengan kompetensi dasar dalam kurikulum yang telah ditetapkan tahun 2006. (3) Mendeskripsikan kesesuaian bentuk evaluasi yang ada dalam buku teks. Metode penelitian yang dirancang adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah buku teks teks Bahasa Jawa Kelas 3 sekolah dasar berjudul Pinter Basa Jawa Piwulang Basa Jawa Kangge Kelas 3 SD Pengarang Sukiran Penerbit Citra Cemara Surabaya dijadikan sumber data karena banyak digunakan oleh guru kelas 3 SD Negeri Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Data hasil analisis dikumpulkan menggunakan instrumen. Data hasil penelitian ini adalah sebagai berikut pertama Pendekatan penulisan pada bab 1 sampai dengan bab 8 sesuai dengan pendekatan tujuan dan pendekatan terpadu. Pendekatan penulisan pada bab 1 2 3 6 7 dan 8 sesuai dengan pendekatan struktural. Pendekatan penulisan pada bab 1 2 3 6 dan 7 pada buku teks sesuai dengan pendekatan komunikatif kedua materi buku teks sesuai dengan kompetensi dasar kurikulum2006 ketiga bentuk evaluasi terdapat 144 bentuk evaluasi sesuai dengan aspek kognitif 2 bentuk evaluasi sesuai dengan aspek afektif dan tidak sesuai aspek psikomotor karena tidak terdapat bentuk evaluasi aspek psikomotor pada buku teks. Saran dari hasil penelitian Penulis hendaknya melakukan revisi pada buku teks tersebut. Revisi yang perlu diperbaiki yaitu sistem evaluasi yang ada dalam buku teks agar soal-soal dari semua bab pada buku teks dapat mencakup aspek afektif dan psikomotorik. Bagi guru atau calon guru sebaiknya sebelum mempergunakan buku teks guru dapat menelaah kesesuaian materi buku teks dengan kurikulum tahun 2006. Guru dapat mengembangkan sendiri materi yang sesuai dengan indikator yang belum tercantum dalam buku teks atau guru dapat memanfaatkan sumber belajar yang lain. Bagi peneliti lain hendaknya dapat menganalisis buku teks mata pelajaran lain dan menganalisis secara kelayakan isi kelayakan penyajian kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikaan yang berdasar pada Badan Standar Nasional Pendidikan tahun 2009. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104204

Actions (login required)

View Item View Item