Problematika pembelajaran PKn pada kelas IV SDN segugus IV Kecamatan Kedungkandang Malang / Kukuh Andri Aka - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika pembelajaran PKn pada kelas IV SDN segugus IV Kecamatan Kedungkandang Malang / Kukuh Andri Aka

Aka, Kukuh Andri (2012) Problematika pembelajaran PKn pada kelas IV SDN segugus IV Kecamatan Kedungkandang Malang / Kukuh Andri Aka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Problematika Pembelajaran PKn Sekolah Dasar. Pembelajaran PKn merupakan pembelajaran yang mewujudkan warga negara Indonesia yang cerdas terampil dan berkarakter sesuai amanat Pancasila dan UUD 1945 melalui pendidikan berbasis nilai yang memuat domain kognitif afektif dan psikomotorik. Karena pembelajaran PKn memuat filosofi negara materi-materinya tidak boleh menyimpang. Disamping itu pembelajaran juga merupakan sebuah sistem yang memiliki komponen-komponen yang terdiri dari input proses out put dan umpan balik (Saputro 2005 4). Komponen-komponen ini harus berjalan dengan baik demi keberhasilan pembelajaran. Kenyataannya tidak semua hal ideal yang dituntut teori dapat ditemui dilapangan. Dalam praktiknya kebanyakan guru hanya menggunakan sebagian teori pembelajaran untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Rumusan Masalah Penelitian ini adalah (1) Adakah Problematika dalam Pelaksanaan Pembelajaran PKn Pada Kelas IV SDN Segugus IV Kecamatan Kedungkandang Malang (2) Dimanakah Problematika dalam Pelaksanaan Pembelajaran PKn Pada Kelas IV SDN Segugus IV Kecamatan Kedungkandang Malang itu terjadi Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang digunakan untuk menggambarkan problematika pembelajaran. Data yang telah dipaparkan oleh responden akan dipersentase dan disimpulkan mana yang lebih dianggap menjadi problematika oleh responden. Alat pengumpul data dalam penelitian menggunakan metode angket wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Sebagian besar guru tidak pernah melakukan analisis standar isi hal ini akan berdampak pada penentuan komponen-komponen RPP. Padahal standar isi merupakan acuan utama bagi guru untuk menentukan komponen-komponen RPP (2) Problematika antara pendekatan model dan metode pembelajaran pada kelas IV SDN segugus IV kecamatan Kedungkandang tidak jauh berbeda satu sama lainnya. Semua guru menyatakan mengetahui mengenai pendekatan model dan metode pada pembelajaran. Namun mereka masih kurang mampu dalam mengeksplorasi contoh-contoh pendekatan model dan metode apa yang dipakai pada proses pembelajaran. Disamping itu guru masih rancu mengenai pemahaman antara pendekatan model dan metode pembelajaran. (3) Dalam menentukan materi sebanyak 67% responden berpedoman pada buku ajar dan tidak berpedoman pada standar isi. Padahal acuan utama guru dalam menentukan materi ialah standar isi. (4) Pada pemahaman konsep mengenai media dan sumber belajar guru mengalami kerancuan antara satu sama lainnya. Sebagian besar guru masih belum dapat membedakan antara konsep media dan sumber pembelajaran. Disamping itu sangat sedikit sekali pemanfaatan media dan variasi sumber pembelajaran yang dilakukan guru. (5) Di akhir pembelajaran responden menyatakan telah melakukan evaluasi pembelajaran mereka juga menyatakan mengetahui mengenai evaluasi pembelajaran. Namun dalam penggunaannya hanya sebatas tes tulis dan pemberian tugas yang cenderung pada aspek kognitif siswa. Padahal pembelajaran PKn memerlukan evaluasi yang tidak hanya beracu pada domain kognitif saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104203

Actions (login required)

View Item View Item