Using Kamishibai to enhance speaking skills of the tent graders at SMA Brawijaya Smart School (BSS) Malang / Nurin Rusydina Kinanthi

Kinanthi, Nurin Rusydina (2018) Using Kamishibai to enhance speaking skills of the tent graders at SMA Brawijaya Smart School (BSS) Malang / Nurin Rusydina Kinanthi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kinanthi, Nurin Rusydina. 2018. Using Kamishibai to Enhance Speaking Skills of the Tenth Graders at Sma Brawijaya Smart School (Bss) Malang. SarjanaÔÇÖs Thesis, Department of English, Faculty of Letters, Universitas Negeri Malang, Pemimbing: (I) Nur Hayati, S.Pd, M.Ed., (II) Drs. Andi Muhtar, M.A. Kata kunci: kemampuan berbicara, Kamishibai, teks naratif. Berbicara sebagai salah satu dari empat keterampilan berbahasa memegang banyak hal penting dalam konteks pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris untuk komunikasi. Karena kompleksitasnya, bagaimanapun, mengajar dan belajar berbicara memiliki banyak tantangan terutama dalam konteks EFL. Saya menemukan dalam studi awal yang saya lakukan di SMA Brawijaya Smart School (BSS) Malang bahwa siswa mengalami masalah dalam berbicara yaitu, kurangnya kosa kata dan tata bahasa, yang menyebabkan mereka memiliki kepercayaan diri yang rendah dalam berbicara bahasa Inggris. Kelas X MIA 2 dipilih karena kelas ini memiliki nilai berbicara terendah dibandingkan dengan lima kelas lainnya. Selanjutnya, Kamishibai, sebuah teater kertas yang awalnya dibuat di Jepang dipilih karena belakangan ini digunakan untuk mengajar berbicara (terutama untuk siswa EYL) dan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa itu memiliki potensi untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Penelitian ini mencoba untuk menyelidiki penggunaan Kamishibai untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dan dilakukan dalam enam pertemuan. Tiga instrumen yaitu, daftar pengamatan, catatan lapangan, dan kuisioner pasca implementasi digunakan untuk mengumpulkan data. Implementasi Kamishibai dimulai dengan menyaksikan guru melakukan story-telling menggunakan Kamishibai, kemudian dilanjutkan dengan diskusi atas penampilan tersebut sebelum siswa diberikan aktivitas yang terbimbing dan independen. Dalam latihan terpandu, para siswa melakukan beberapa kegiatan menulis dalam kelompok menggunakan Kamishibai untuk mempersiapkan kegiatan berbicara mereka. Dalam tahap independen, para siswa melakukan kegiatan yang sama tetapi secara individual. Hasilnya menunjukkan bahwa 95% siswa mencapai di atas dari skor standar minimum dalam tes akhir dengan skor rata-rata terbaru 76,2; meningkat 6,8 poin dari skor rata-rata sebelumnya (69,4), yang menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan telah tercapai. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Kamishibai dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas sepuluh dalam hal kelancaran, kosakata, pengucapan, tata bahasa, dan pemahaman. Hasil kuesioner juga menunjukkan bahwa mereka merasa lebih tertarik belajar bahasa Inggris menggunakan Kamishibai dan berpikir bahwa itu mempengaruhi pengetahuan mereka dalam kosakata dan tata bahasa positif. Berdasarkan temuan, ada beberapa saran untuk guru bahasa Inggris dan peneliti masa depan. Disarankan bagi guru bahasa Inggris untuk menggunakan Kamishibai sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa mereka. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk meneliti penggunaan Kamishibai pada keterampilan lain di tingkat kelas yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10420

Actions (login required)

View Item View Item