Penerapan pendekatan quantum learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Bangoan 1 Kabupaten Tulungagung / Enggar Fitrianingrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan quantum learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Bangoan 1 Kabupaten Tulungagung / Enggar Fitrianingrum

Fitrianingrum, Enggar (2012) Penerapan pendekatan quantum learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Bangoan 1 Kabupaten Tulungagung / Enggar Fitrianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Quantum Learning pembelajaran IPS SD. Hasil observasi awal di SDN Bangoan 1 Kabupaten Tulungagung ditemukan bahwa pembelajaran IPS kelas IV pada kompetensi dasar mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang jarang melibatkan serta mengaktifkan siswa. Siswa kurang antusias dalam kegiatan pembelajaran. Siswa terlihat berbicara dengan teman sebangku atau belakangnya. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Berdasarkan KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70 masih terdapat 21 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar individu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan Quantum Learning pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Bangoan 1 Kabupaten Tulungagung (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Bangoan 1 Kabupaten Tulungagung setelah penerapan pendekatan Quantum Learning (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bangoan 1 Kabupaten Tulungagung setelah penerapan pendekatan Quantum Learning. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu 1) planning 2) acting observing 3) reflecting dan 4) revise plan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi catatan lapangan dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Quantum Learning pada pembelajaran IPS kelas IV di SDN Bangoan 1 Kabupaten Tulungagung dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini terbukti pada setiap siklus indikator dapat tercapai dengan baik sesuai RPP yang dibuat yaitu dari skor rata-rata yang diperoleh 85 49 pada siklus I dan meningkat menjadi 98 75 pada siklus II. Pada penerapan pendekatan Quantum Learning presentase peningkatan sebesar 13 26. Penerapan pendekatan Quantum Learning dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini terbukti dari rata-rata aktivitas siswa 72 01 pada siklus I dan meningkat menjadi 76 27 pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari rata-rata 73 57 pada siklus I dan meningkat menjadi 84 40 pada siklus II. Pada hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan prosentase sebesar 10 83 dengan ketuntasan belajar klasikal 76 2% (32 siswa) pada siklus I dan 95 2% (40 siswa) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian kesimpulan yang dapat diajukan adalah sebagai berikut (1) Hasil observasi penerapan pendekatan Quantum Learning pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. (2) Penerapan pendekatan Quantum Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan aktivitas ekonomi. (3) Penerapan pendekatan Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan aktivitas ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104199

Actions (login required)

View Item View Item