Analisis kesesuaian Buku Sekolah Elektronik (BSE) IPS sekolah dasar kelas IV dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan se gugus Madyopuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Puji Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesesuaian Buku Sekolah Elektronik (BSE) IPS sekolah dasar kelas IV dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan se gugus Madyopuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Puji Astuti

Astuti, Puji (2012) Analisis kesesuaian Buku Sekolah Elektronik (BSE) IPS sekolah dasar kelas IV dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan se gugus Madyopuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Puji Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci analisis BSE IPS KTSP Kota Malang Banyaknya buku yang beredar termasuk buku IPS memberikan banyak pilihan bagi para pengguna buku untuk menentukan buku yang digunakan sebagai panduan dalam belajar. Selain menguntungkan juga menimbulkan permasalahan baru bagi dunia pendidikan. Permasalahan tersebut guru maupun siswa sering bingung untuk menentukan buku yang sesuai dengan kurikulum untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Sering dijumpai beberapa konsep dalam buku ajar yang satu berbeda dengan buku yang lain evaluasi yang ada dalam buku ajar juga tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum. Selain itu gambar ilustrasi yang ditampilkan dalam buku ajar tidak sesuai dengan materi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang meliputi format sajian dan kesesuaian isi dalam BSE. Kesesuaian isi yang dianalisis meliputi kesesuaian isi materi BSE IPS SD Kelas IV dengan KTSP kesesuaian media gambar yang disajikan BSE IPS SD Kelas IV dengan materi dan kesesuaian sistem evaluasi BSE IPS SD Kelas IV dengan sistem evaluasi pada KTSP. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi (Content Analysis) karena yang menjadi objek kajian dalam penelitian adalah dokumen yang berupa buku IPS SD kelas IV. Hal yang inti dari suatu analisis konten adalah mencari tahu isi dan maksud suatu teks. Sumber data dari penelitian ini adalah 2 buah BSE IPS SD kelas IV yang digunakan di Gugus Madyopuro. Pengambilan data dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan instrumen penelitian. Teknik analisis kuantitatif yang dapat digunakan dalam analisis isi anatara lain distribusi frekuensi. Upaya untuk menjamin keabsahan datanya digunakan teknik trianggulasi dengan sumber. Kegiatan analisis data dimulai dari merumuskan masalah identifikasi buku ajar penyusunan instrumen penelitian pengumpulan data analisis data penarikan kesimpulan dan pelaporan. Berdasarkan hasil amalisis peneliti terhadap BSE IPS Kelas IV yang ditulis oleh I.S Sadiman dan Sehendy Amalia diperoleh hasil sebagai berikut. Kesesuaian format sajian bukunya tergolong baik atau sebesar 66 67 % kesesuaian media gambar yang ditampilkan tergolong sangat baik atau sebesar 96 72% kesesuain isi materi dengan KTSP tergolong baik atau sebesar 74 6% ada 17 materi/indikator yang tidak termuat dalam BSE IPS kelas IV yang ditulis oleh I.S Sadiman dan Shendy Amalia yaitu sebesar 25 4%. Sesuai hasil ini maka materi dalam BSE IPS Kelas IV ini tidak sesuai dengan KTSP. Kesesuaian sistem evaluasi dengan KTSP yang ada dalam buku tergolong baik atau sebesar 66 67%. Berdasarkan hasil amalisis peneliti terhadap BSE IPS Kelas IV yang ditulis oleh Radjiman dan A.Triyono diperoleh hasil sebagai berikut. Kesesuaian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104197

Actions (login required)

View Item View Item