Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas 5 SDN Donomulyo 07 Kabupaten Malang / Tri Sulistiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas 5 SDN Donomulyo 07 Kabupaten Malang / Tri Sulistiani

Sulistiani, Tri (2012) Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas 5 SDN Donomulyo 07 Kabupaten Malang / Tri Sulistiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Think Pair Share (TPS) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Menciptakan kondisi pembelajaran yang efektif merupakan hal yang sangat penting . Kondisi pembelajaran yang efektif dapat terwujud apabila guru mampu menciptakan sebuah pola belajar yang menarik. Dengan sebuah model pembelajaran guru dapat merencanakan merancang dan mengimplementasikan sebuah pola pembelajaran yang dapat membantu siswa mendapatkan informasi ide dan keterampilan. Penerapan model yang menarik dan melibatkan siswa secara langsung juga dapat menciptakan suasana belajar yang bermakna. Penelitian ini terlaksana didasarkan pada kurang maksimalnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) tersebut. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan PTK dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian dibatasi pada siswa kelas 5 SDN Donomulyo 07 yang berjumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan adalah panduan observasi dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa. Pada siklus 1 persentase aktivitas siswa sebesar 64 55% sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan dengan persentase 82 22%. Untuk hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Pada pratindakan rata-rata kelas sebesar 45 05 (5 55%) rata-rata kelas pada siklus 1 68 36 (33 33%) dan pada siklus 2 rata-rata kelas 75 38 (83 33%). Pada siklus 2 rata-rata kelas telah mencapai ketuntasan belajar sehingga siklus dihentikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Donomulyo 07. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah bahwa guru sebaiknya menerapkan model pembelajaran TPS pada mata pelajaran lainnya agar siswa menjadi lebih aktif dan hasil belajarnya meningkat. Model ini tidak rumit dan sangat fleksibel diterapkan pada mata pelajaran apapun

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104196

Actions (login required)

View Item View Item