Analisis buku IPA Sekolah Dasar kelas III semester I yang di gunakan Se-Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Aris Sarsiti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku IPA Sekolah Dasar kelas III semester I yang di gunakan Se-Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Aris Sarsiti

Sarsiti, Aris (2012) Analisis buku IPA Sekolah Dasar kelas III semester I yang di gunakan Se-Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Aris Sarsiti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci analisis buku IPA SDN Kelas III Buku ajar pada pembelajaran IPA mempunyai peran dalam mewujudkan pembelajaran aktif di kelas. Buku ajar tidak hanya digunakan sebagai transfer informasi saja tetapi dapat dimanfaatkan untuk proses belajar mengajar. Dari hasil angket buku ajar IPA yang dipakai masih memiliki kekurangan khususnya dari segi isinya. Walaupun sudah melalui proses revisi yang baik namun masih ditemukan beberapa buku ajar IPA yang isi materinya belum sesuai dengan kurikulum menggunakan ilustrasi gambar kurang jelas karena ukuran yang terlalu kecil tidak berwarna tidak sesuai dengan materi. Dalam buku IPA juga dijumpai konsep yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi materi dengan kurikulum kesesuaian ilustrasi gambar dengan materi kebenaran konsep serta soal evaluasi. Penelitian dilakukan pada buku ajar IPA kelas III dengan pengarang dan penerbit berbeda yang digunakan di 5 SDN Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu metode untuk menggambarkan sifat dari suatu keadaaan yang ada pada waktu penelitian dilakukan sehingga menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata tertulis atau lisan. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis secara deskriptif. Untuk relevansi materi dengan kurikulum kesesuaian ilustrasi gambar dengan materi kebenaran konsep soal evaluasi dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan untuk relevansi isi materi dengan kurikulum pada buku A buku B buku E seluruhnya (100%) relevan dengan kurikulum buku C dan buku E hanya sebagian besar (66 66%) relevan dengan kurikulum. Ketepatan ilustrasi gambar yaitu buku A sebagian besar (54%) buku B sebagian kecil (47 1%) buku C seluruhnya (100%) buku D sebagian kecil (4 4%) buku E umumnya (89 5%) tidak tepat dengan materi. Kebenaran konsep dari 5 buku[[[ dan enam materi sebagian besar (71 68%) menyatakan bahwa konsep dalam buku sudah benar dengan konsep yang sebenarnya sedangkan sebagian kecil (28 32 %) konsep yang ada dalam buku tidak benar dengan konsep yang sebenarnya. Soal evaluasi dari kelima buku tersebut seluruhnya (100%) memuat satu ranah saja yaitu ranah kognitif. Untuk ranah afektif dan psikomotorik tidak ada didalam kelima buku tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi guru dan siswa untuk lebih cermat dalam memilih sumber belajar dalam proses pembelajaran dan tidak hanya memiliki satu sumber buku saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104195

Actions (login required)

View Item View Item