Penerapan model pembelajaran TGT (Team game tournament) untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar pada siswa kelas IV SD Tambakrejo 02 Kabupaten Blitar / Angga Rendi Eva Permana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran TGT (Team game tournament) untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar pada siswa kelas IV SD Tambakrejo 02 Kabupaten Blitar / Angga Rendi Eva Permana

Permana, Angga Rendi Eva (2012) Penerapan model pembelajaran TGT (Team game tournament) untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar pada siswa kelas IV SD Tambakrejo 02 Kabupaten Blitar / Angga Rendi Eva Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Hasil Belajar KPK dan FPB TGT Proses pembelajaran matematika di SDN Tambakrejo 02 yang selama ini digunakan oleh guru adalah sebagai berikut (1) pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan tidak bisa menyampaikan gagasannya (2) guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran. (3) siswa yang ramai di dalam kelas masih cukup banyak dan kurang mendapat perhatian dari guru (4) siswa sangat jarang bertanya pada guru mengenai materi yang belum mereka pahami dan (5) guru kurang memberikan bimbingan pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model TGT pada materi KPK dan FPB kelas IV SDN Tambakrejo 02 Kabupaten Blitar dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika dengan menerapkan pembelajaran Model TGT pada materi penyelesaian masalah KPK dan FPB Kelas IV SDN Tambakrejo 02 Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tambakrejo 02 dengan jumlah siswa 30 anak. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar) dan guru kelas (mitra peniliti) sebagai observer. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mendukung data penelitian ini meliputi (1) observasi (2) angket (3) domentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT (Team Game Tournament) pada mata pelajaran matematika tentang penyelesaian masalah yang berkaitan dengan FPB dan KPK pada siswa kelas IV SDN Tambak Rejo 02 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata setiap siklusnya mengalami peningkatan. Presentase ketuntasan belajar siswa pada pratindakan sebesar 36 7 %. pada siklus I 65 % dan siklus II adalah 70 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model TGT terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah kepada guru kelasIV SDN Tambak Rejo 02 Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar untuk menggunakan pembelajaran kooperatif model TGT dalam pembelajaran Matematika khususnya pada materi KPK dan FPB agar hasil belajar siswa meningkat dan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104193

Actions (login required)

View Item View Item