Peningkatan pembelajaran matematika tentang operasi penjumlahan melalui alat peraga dekak-dekak pada siswa kelas II SDN 2 Pucangan Kabupaten Tulungagung / Wahyu Endah Segtiyarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran matematika tentang operasi penjumlahan melalui alat peraga dekak-dekak pada siswa kelas II SDN 2 Pucangan Kabupaten Tulungagung / Wahyu Endah Segtiyarini

Segtiyarini, Wahyu Endah (2012) Peningkatan pembelajaran matematika tentang operasi penjumlahan melalui alat peraga dekak-dekak pada siswa kelas II SDN 2 Pucangan Kabupaten Tulungagung / Wahyu Endah Segtiyarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci alat peraga dekak-dekak dan hasil belajar Hasil observasi yang dilaksanakan oleh peneliti pada siswa kelas II di SDN 2 Pucangan menunjukkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran guru tidak menggunakan media pembelajaran. Selain itu hasil belajar siswa menunjukkan bahwa sebanyak 9 siswa dari 16 siswa memperoleh nilai di bawah KKM. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan pembelajaran disusun dan dirancang oleh peneliti dengan menggunakan alat peraga matematika. Alat peraga matematika yang sesuai dengan materi operasi penjumlahan adalah dekak-dekak. Pembelajaran dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada masing-masing siklus terdapat 4 tahapan yang meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan pembelajaran pada masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Alokasi waktu dalam satu kali pertemuan adalah 35 menit. Instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan meliputi lembar observasi mengenai aktivitas guru lembar observasi mengenai aktivitas belajar siswa lembar observasi mengenai hasil belajar siswa hasil angket siswa dan dokumentasi. Kegiatan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran pada penelitian ini meliputi data mengenai aktivitas guru data mengenai aktivitas siswa data mengenai hasil belajar siswa dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 75 dan pada siklus II memperoleh skor 84. Aktifitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor 72 dan pada siklus II memperoleh skor 83. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 71 25 dan nilai rata-rata pada siklus II adalah 80. Secara keseluruhan diperoleh informasi bahwa terdapat peningkatan pada semua aspek yang diamati dari siklus I ke siklus II. Pelaksanaan pembelajaran didokumentasikan oleh peneliti dalam bentuk foto kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa telah terjadi peningkatan pembelajaran pada setiap siklus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran operasi penjumlahan melalui alat peraga dekak-dekak dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di SDN 2 Pucangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104191

Actions (login required)

View Item View Item