Peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui model pembelajaran inquiry pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bendogerit 1 Kota Blitar / Prima Kusuma Mashudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui model pembelajaran inquiry pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bendogerit 1 Kota Blitar / Prima Kusuma Mashudi

Mashudi, Prima Kusuma (2012) Peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui model pembelajaran inquiry pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bendogerit 1 Kota Blitar / Prima Kusuma Mashudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar pkn model pembelajaran inquiry Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi di kelas V yang menunjukkan bahwa hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan masih di bawah rata-rata kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah yaitu hanya sebesar 44 % dari 43 siswa. atau dapat dikatakan ada 19 siswa yang mendapatkan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sedangkan 24 siswa lainnya belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rumusan Maslah dari penelitian ini yaitu (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (2) Apakah model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VC yang berjumlah 43 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari data observasi sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan aktifitas kemampuan siswa dalam menemukan pengetahuan. Hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan nilai rata-rata aktifitas siswa yaitu 55% 66% 82 5%. Dan peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 68 6 pada prasiklus siklus I sebesar 69 dan siklus II sebesar 76. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pratindakan sebesar 44% siklus I sebesar 61 6% dan siklus II sebesar 82 5%. Model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari perolehan nilai rata-rata siswa yang mengalami peningkatan secara bertahap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104190

Actions (login required)

View Item View Item