Enhancing eighth graders Junior High School listening comprehension using movie clips / Arum Syaputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Enhancing eighth graders Junior High School listening comprehension using movie clips / Arum Syaputri

Syaputri, Arum (2018) Enhancing eighth graders Junior High School listening comprehension using movie clips / Arum Syaputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RANGKUMAN Syaputri.Arum. 2018. Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa SMP Menggunakan Klip Film. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Francisca Maria Ivone M.A. Ph.D (II) Nur Hayati S.Pd. M.Ed. Kata kunci keterampilan menyimak film klip film meningkatkan kemampuan menyimak Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang diajarkan dengan tujuan agar siswa menguasai dasar penggunaan Bahasa Inggris. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris keterampilan menyimak adalah keterampilan pertama yang harus dipelajari siswa sebelum mereka belajar untuk berbicara membaca dan menulis. Namun kenyataannya keterampilan menyimak diabaikan dibandingan keterampilan berbahasa Inggris yang lainnya berbicara membaca dan menulis. Oleh karena itu siswa menghadapi beberapa kesulitan saat mereka belajar menyimak seperti kosakata yang tidak memadai aksen yang tidak dikenal dan pelafalan kecepatan bicara. Kesulitan-kesulitan tersebut juga dialami oleh siswa-siswi SMP Negeri 12 Malang tempat peneliti melakukan penelitian. Berdasarkan latar belakang di atas penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan keterampilan mendengar siswa kelas VIII-C di SMP Negeri 12 Malang. Peneliti memilih klip film sebagai media pengajaran karena potensial untuk digunakan di dalam kelas. Klip film memberikan visualisasi yang membantu siswa dalam memahami konteks. Selain itu klip film adalah media yang inofatif dan fleksibel dan menyediakan pilihan seperti stop or rewind di setiap klip film dan memberikan berbagai macam jenis tantangan kepada siswa seperti memprediksi debat diskusi dan membantu siswa memahami konsep utama. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Peneliti mengadaptasi tahapan dari Kemmis dan McTaggart (1989). PTK terdiri atas empat tahapan yang berada dalam satu siklus yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Intrumen yang digunakan yaitu Kuesioner Siswa Wawancara dengan Guru dan Nilai Siswa. Instrumen tersebut digunakan untuk mengambil data kualitatif tentang peningkatan kemampuan menyimak siswa. Sedangkan untuk data kuantitaif diambil dengan tes menyimak yang diadakan setiap akhir pertemuan. Aksi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah menggunakan klip film sebagai media mengajar dan siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasar klip tersebut. Dari hasil penelitian peneliti menemukan bahwa klip film yang digunakan sangat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan mendengar siswa. Klip film singkat membantu mereka memperkaya kosakata siswa. Siswa juga mengatakan bahwa belajar dengan klip film adalah pengalaman yang menyenangkan. Siswa memberikan respon positif dan motivasi belajar siswa juga meningkat setelah belajar menggunakan klip film. Dengan demikian klip film dapat digunakan menjadi media alternatif dalam pengajaran menyimak di kelas. Peneliti memberikan saran bahwa penggunaan klip film dapat dieksplor lebih viii lanjut tidak hanya fokus ke keterampilan menyimak namun dapat fokus kepada keterampilan lain contohnya efektifitas penggunaan subtitle pada klip movie untuk keterampilan menyimak siswa dan roleplay berdasarkan cerita yang terdapat pada klip film tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10419

Actions (login required)

View Item View Item