Implementasi accelerated learning dengan sistem moving class pada kelas IV SDI Klojen Kidul Kota Malang / Puji Rahayu Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi accelerated learning dengan sistem moving class pada kelas IV SDI Klojen Kidul Kota Malang / Puji Rahayu Ningsih

Ningsih, Puji Rahayu (2012) Implementasi accelerated learning dengan sistem moving class pada kelas IV SDI Klojen Kidul Kota Malang / Puji Rahayu Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci implementasi accelerated learning moving class. Implementasi Accelerated Learning dengan sistem Moving Class merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa sehingga menghasilkan pembelajaran yang berkualitas. Accelelerated Learning merupakan cara belajar cepat yang memungkinkan siswa belajar secara alami sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki sedangkan Moving Class merupakan kelas berpindah yang mana guru dan siswa berpindah tempat belajar untuk mata pelajaran yang berbeda yang diajarkan oleh guru yang sama. Moving Class dapat memberikan penyegaran terhadap suasana pembelajaran dan menumbuhkan rasa senang dalam diri siswa sehingga dapat mempercepat proses belajar. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV SDI Klojen Kidul Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan mendiskripsikan implementasi Accelerated Learning dengan sistem Moving Class. Pengumpulan data yang dilakukan melalui tes observasi angket wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan model alir (flow model) yaitu meliputi tahap reduksi data menyajikan data dan menyimpulkan. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu melihat kebenaran suatu data dengan membandingkan satu data dengan data lain. Penelitian ini memerlukan waktu selama 6 hari 5 hari untuk melaksanakan pembelajaran 1 hari dilaksanakan untuk menyebarkan angket dan melakukan wawancara. Dari hasil penelitian yang sudah diterapkan hasil belajar siswa dapat menigkat dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada tahun ajaran 2009/2010-2010/2011 yang belum meng implementasikan Accelerated Learning dengan sistem Moving Class. Pada tahun ajaran 2009/2010 rata-rata hasil belajar IPS KD 1.4 sebesar 57 3 IPA KD 4.1 sebesar 61 dan Matematika KD 2.1 sebesar 66 56. Pada tahun ajaran 2010/2011 rata-rata hasil belajar IPS KD 1.4 sebesar 66 08 IPA KD 4.1 sebesar 64 46 dan Matematika KD 2.1 sebesar 65.38. setelah implementasi Accelerataed Learning dengan sistem Moving Class nilai siswa mengalami kenaikan 8 76 dari rata-rata tahun sebelumnya IPA mengalami kenaikan 12 98 dan Matematika mengalami kenaikan 19 51. Nilai tersebut merupakan hasil belajar siswa untuk satu Kompetensi Dasar untuk setiap mata pelajaran yang diteliti. Dari ketiga mata pelajaran Matematika yang mengalami kenaikan paling tinggi. Dari pemaparan ini dapat dikatakan bahwa penyampaian dengan game dan penciptaan suasana belajar memberikan kontribusi yang besar terhadap pencapaian tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104189

Actions (login required)

View Item View Item