Penerapan model Quantum Teaching untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas II SDN Purwodadi 2 Kota Malang / Irma Candra Kasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Quantum Teaching untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas II SDN Purwodadi 2 Kota Malang / Irma Candra Kasih

Kasih, Irma Candra (2012) Penerapan model Quantum Teaching untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas II SDN Purwodadi 2 Kota Malang / Irma Candra Kasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Quantum Teaching Aktivitas Hasil Belajar PKn Berdasarkan observasi awal di kelas II SDN Purwodadi 2 Malang terdapat permasalahan dalam aktivitas dan hasil belajar siswa. Penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada siswa dikarenakan guru dalam pengajarannya masih menggunkan model konvesional. Hal ini membentuk siswa menjadi pasif dan hasil belajar kurang memuaskan sehingga diperlukan adanya model pembelajaran yang inovatif agar dapat memperbaiki kualitas pembelajaran seutuhnya salah satunya adalah model pembelajaran Quantum teaching.Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model Quantum Teaching pada pembelajaran PKn kelas 2 SDN Purwodadi 2. (2) Mendeskripsikan penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn kelas 2 SDN Purwodadi 2. (3) Mendeskrpsikan penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar PKn kelas 2 SDN Purwodadi 2. Penelitian ini menggunakan desain PTK dimana peneliti sebagai guru (pengajar)yang terdiri dari 2 siklus Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi dengan subyek penelitian adalah siswa kelas 2 SDN Purwodadi 2 Kota Malang. Hasil penelitian pada penerapan model Quantum teaching menunjukkan bahwa (1) penerapan model Quantum teaching dapat meningkatkan aktivitas siswa dari pra tindakan ke siklus I meningkat sebesar 66 8% dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan aktivitas siswa sebesar 8% (2) penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diukur dengan presentase ketuntasan belajar secara klasikal dar data awal siklus 1 dan siklus II. Ketuntasan belajar siswa dari pra tindakan ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 57 6% dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan hasil belajar siswa sebesar 30 3%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan model Quantum Teaching dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (2) Dengan adanya penerapan Quantum Teaching membuat siswa menjadi tertarik dengan pembelajaran dan aktif mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104187

Actions (login required)

View Item View Item