Peningkatan kemampuan berbicara dengan menggunakan metode diskusi pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN Purwodadi 2 Kota Malang / Siska Rahayu Dianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berbicara dengan menggunakan metode diskusi pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN Purwodadi 2 Kota Malang / Siska Rahayu Dianti

Dianti, Siska Rahayu (2012) Peningkatan kemampuan berbicara dengan menggunakan metode diskusi pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN Purwodadi 2 Kota Malang / Siska Rahayu Dianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Metode Diskusi Berbicara SD. Berbicara adalah salah satu jenis keterampilan berbahasa ragam lisan yang bersifat produktif. Dalam konteks komunikasi pembicara berlaku sebagai pengirim pesan sedangkan penerima adalah penerima warta. Hakikat berbicara merupakan pengetahuan yang sangat fungsional dalam memahami seluk beluk berbicara. Manusia hidup selalu berkelompok mulai dari kelompok kecil misalnya keluarga sampai kelompok yang besar seperti organisasi sosial. Dalam kelompok itu mereka berinteraksi satu dengan yang lainnya. Di mana ada kelompok baru manusia di situ pasti ada bahasa. Kenyataan ini berlaku baik pada masyarakat tradisional maupun masyarakat modern. Dalam setiap masyarakat diperlukan komunikasi lisan dan tulisan. Dari penelitian yang diangkat ini peneliti berharap agar siswa dalam kemampuan berbicaranya lebih meningkat lagi dengan menggunakan metode Diskusi. Karena kemampuan siswa dalam berbicara kurang dan untuk berbicara siswa kurang percaya diri dalam dan sulit untuk mengutarakan apa yang dirasakan di depan teman- temannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Diskusi. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) melalui perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penilaian sebanyak 31 orang siswa di SDN Purwodadi 2 kecamatan Blimbing kota Malang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Dalam penelitian ini metode diskusi diterapkan dalam matapelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Purwodadi 2. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut . Pada pra tindakan rata-rata nilai siswa 60 32 % Pada siklus I rata-rata nilai siswa 66 77 % dan Pada siklus II rata-rata nilai siswa 79 35 % Dengan kata lain pada siklus II ini sudah mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan. Dapat disimpulkan dari tindakan- tindakan yang menggunakan metode Diskusi dapat dilihat di atas pembelajaran mulai dari pra tindakan sampai siklus I dan siklus II selalu meningkat. Sehingga dikatakan peneliti menggunakan metode Diskusi ini dikatakan berhasil. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dalam mengajarkan matapelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada kemampuan berbicara. Bagi peneliti lain diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan metode atau pendekatan lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104185

Actions (login required)

View Item View Item