Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SDN Ardimulyo 03 Singosari Malang / Dian Meirafita - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SDN Ardimulyo 03 Singosari Malang / Dian Meirafita

Meirafita, Dian (2012) Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SDN Ardimulyo 03 Singosari Malang / Dian Meirafita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model pembelajaran berbasis masalah aktivitas belajar hasil belajar PKn SD. Berdasarkan observasi pendahuluan dilakukan peneliti terhadap pembelajaran PKn kelas V SDN Ardimulyo 03 Singosari Malang menunjukkan bahwa siswa kurang bergairah pada saat pembelajaran berlangsung dikarenakan pembelajaran guru masih kurang dalam menerapkan model pembelajaran yang inovatif di kelas. Pencapaian hasil belajar siswa pelajaran PKn dibawah SKM 70 yang ditetapkan sekolah sebanyak 11 dari 29 siswa atau 38% rata-rata kelas baru mencapai 61 17. Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian dilaksanakan 2 siklus siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan dengan model siklus Kemmis dan MC Taggart (Sa dun Akbar 2010 28) terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun pendekatan penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas V SDN Ardimulyo 03 Singosari Malang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian aktivitas belajar siswa kelas V dari siklus I sebesar 61 pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84. Hasil belajar individu pada siklus I sebesar 66 2 pada siklus II meningkat sebesar 81 72 siswa sudah memenuhi SKM 70 yang ditentukan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Ardimulyo 03 Singosari Malang. Namum masih ada kekurangan dimana ada 5 siswa yang masih belum tuntas belajar dikarenakan kurangnya mental activities dan emotional activities. Apabila seorang peneliti lain ingin menerapkan model ini diharapkan bagi peneliti lain menindak lanjuti model pembelajaran berbasis masalah dan melakukan pendekatan secara intensif kepada siswa merancang pembelajaran sebaik-baiknya agar model pembelajaran ini dapat berhasil dengan maksimal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104184

Actions (login required)

View Item View Item