Peningkatan kemampuan bercerita dengan penggunaan teknik complete sentence pada kelas III SDN Purwodadi 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Rizki Kholidah Inayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan bercerita dengan penggunaan teknik complete sentence pada kelas III SDN Purwodadi 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Rizki Kholidah Inayati

Inayati, Rizki Kholidah (2012) Peningkatan kemampuan bercerita dengan penggunaan teknik complete sentence pada kelas III SDN Purwodadi 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Rizki Kholidah Inayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci berbicara teknik Complete Sentence Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan penggunaan teknik pembelajaran Complete Sentence untuk meningkatkan Keterampilan berbicara siswa kelas III di SDN Purwodadi 2 (2) Mendeskripsikan apakah teknik pembelajaran Complete Sentence untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III di SDN Purwodadi 2. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan teknik Complete Sentence dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa yaitu pada aspek kelancaran berbicara pada pra tindakan rata-rata nilai siswa 69 33% pada siklus I naik menjadi 75 67% dan pada siklus II naik menjadi 86% sedangkan siswa yang tuntas dalam belajar pada pra tindakan 30% pada siklus I ada 60% dan pada siklus II mengalami kenaikan yang cukup tinggi yaitu 100%. Hal ini dapat dikatakan dari siswa yang tergagap-gagap menjadi hanya kurang lebih 5 kali tergagap-gagap berubah lagi menjadi kurang lebih 3 kali tergagap-gagap dan pada akhirnya sudah dapat berbicara dengan lancar. Pada aspek kejelasan berbicara pada pra tindakan rata-rata nilai siswa 72 67% pada siklus I naik menjadi 81% dan pada siklus II naik menjadi 87 33% sedangkan siswa yang tuntas dalam belajar pada pra tindakan 46 67% pada siklus I ada 73 33% dan pada siklus II mengalami kenaikan yang cukup tinggi yaitu 100%. Hal ini dapat dikatakan dari siswa yang tidak jelas menjadi hanya kurang lebih 5 kali tidak jelas berubah lagi menjadi kurang lebih 3 kali tidak jelas dan pada akhirnya sudah dapat berbicara dengan jelas. Pada aspek ketepatan berbicara pada pra tindakan rata-rata nilai siswa 71 33% pada siklus I naik menjadi 78% dan pada siklus II naik menjadi 87% sedangkan siswa yang tuntas dalam belajar pada pra tindakan 40% pada siklus I ada 73 33% dan pada siklus II mengalami kenaikan yang cukup tinggi yaitu 100%. Hal ini dapat dikatakan dari siswa yang tidak tepat menjadi hanya kurang lebih 5 kali tidak tepat berubah lagi menjadi kurang lebih 3 kali tidak tepat dan pada akhirnya sudah dapat berbicara dengan tepat. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu dengan teknik Complete Centence dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Maka disarankan menggunakan teknik Complete Sentence dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hasil dari penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan pembelajaran yang menarik melalui teknik Complete Sentence namun hendaknya diperkirakan waktu dan pengelolaan kelas agar tercipta suasana belajar yang kondusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104179

Actions (login required)

View Item View Item