Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Oro-oro Dowo Malang / Hanik Masruroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Oro-oro Dowo Malang / Hanik Masruroh

Masruroh, Hanik (2012) Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Oro-oro Dowo Malang / Hanik Masruroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Make a Match IPA Pembelajaran Dunia pendidikan saat ini turut berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Perkembangan tersebut dapat dilihat dari maraknya model-model pembelajaran inovativ yang ditawarkan saat ini. Model pembelajaran tersebut utamanya dikembangkan untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul pada saat berlangsungnya pembelajaran di dalam kelas. Kenyataan dilapangan dalam proses pembelajaran guru tidak pernah melakukan inovasi untuk membelajarkan siswa menggunakan model-model yang inovativ. Hal ini membuat siswa menjadi bosan dan tidak termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Berkaitan dengan hal itu perlu adanya penerapan model-model pembelajaran yang inovativ untuk memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran make a match. Serta untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar yang dicapai oleh siswa dengan penggunaan model ini. Kemudian untuk kedepannya diharapkan siswa dapat termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan penuh semangat. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Oro-Oro Dowo Malang. Data penelitian berupa hasil observasi terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran serta hasil belajar siswa. Data tersebut dikumpulkan dengan teknik observasi dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan yakni lembar observasi RPP lembar observasi pelaksanaan pembelajaran lembar observasi aktivitas siswa lembar evaluasi hasil belajar lembar observasi hasil belajar. Kegiatan analisisa data dilakukan dengan telaah data untuk kemudian dipaparkan secara deskriptif kualitatif dan juga deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis data tersebut diperoleh beberapa kesimpulan. Dalam pelaksanaan model make a match siswa menjadi aktif dalam mengikuti pembelajaran. Prosentase keaktivan siswa mencapai 88.5% Hasil belajar siswa mengalami peningkatan baik dilihat dari rata-rata maupun prosentase ketuntasan belajar secara klasikal. Prosentase ketuntasan belajar pada pra tindakan sebesar 31.7% Dataprosentase ketuntasan belajar pada siklus 1 sebesar 79%. Terdapat peningkatan antara pra tindakan dan tindakan siklus 1 sebanyak 47.3%.. Pada tahap pratindakan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 52 dan meningkat menjadi 76.5 pada siklus-1 sehingga peningkatan rata-ratanya mencapai 24.5 poin. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus-2 sebesar 91%. Dengan demikian peningkatan persentase hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 mencapai 12%. Rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan sebasar 12 poin dari hasil siklus 1 sebesar 76.5 poin menjadi 88.5 poin pada siklus 2. Sehingga peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan sampai siklus 2 sebesar 36.5 poin dan prosentase ketuntasan secara klasikal meningkat dari pra tindakan sampai siklus 2 sebesar 59.3%. Dengan demikian penelitian ini dinyatakan berhasil dengan hasil penerapan model pembelajaran yang baik. Serta aktivitas dan hasil belajar siswa yang semakin meningkat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104178

Actions (login required)

View Item View Item