Penggunaan media blok Dienes untuk meningkatkan hasil belajar pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas III SDN Tlogomas 2 Malang / Rupi'ah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media blok Dienes untuk meningkatkan hasil belajar pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas III SDN Tlogomas 2 Malang / Rupi'ah

Rupi'ah (2012) Penggunaan media blok Dienes untuk meningkatkan hasil belajar pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas III SDN Tlogomas 2 Malang / Rupi'ah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Blok Dienes pengurangan bilangan cacah Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan media blok dienes pada pembelajaran pengurangan bilangan cacah teknik meminjam pada siswa kelas III SDN Tlogamas 2 (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran pengurangan bilangan cacah teknik meminjam menggunakan Blok Dienes pada siswa kelas III SDN Tlogomas 2 (3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pembelajaran pengurangan bilangan cacah teknik meminjam menggunakan Blok Dienes pada siswa kelas III SDN Tlogomas 2. Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang terdiri dari 2 (dua) siklus tiap siklus melalui empat tahapan yang dikemukakan oleh Suharsimi Arikunto antara lain (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi (4) Refleksi. Subyek tindakan yaitu seluruh siswa kelas III SDN Tlogomas 2 tapel 2010/2011. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes hasil observasi dan catatan lapangan. Hasil Penelitian ini dikemukakan sebagai berikut (1) Penggunaan media Blok Dienes yang dilakukan peneliti yaitu secara konseptual dan prosedural dalam menyelesaikan soal pengurangan bilangan cacah teknik meminjam (2) Aktifitas belajar siswa pada pembelajaran pengurangan bilangan cacah teknik meminjam menggunkan media Blok Dienes dapat meningkat (3) Penggunaan media Blok Dienes dapat meningkatkan hasil belajar siswa terbukti dengan meningkatnya nilai akhir yang diperoleh siswa. Suasana kelas sangat kondusif sehingga dapat mempermudah siswa dalam memahami soal pengurangan bilangan cacah akhirnya melalui penerapan medi Blok Dienes dapat mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pengurangan bilangan cacah teknik meminjam di kelas III dan terpenting nilai siswa dapat sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan yaitu 70. Saran dari penelitian ini dikemukakan sebagai berikut (1) Pembelajaran melalui penerapan media Blok Dienes layak dipertimbangkan menjadi bentuk pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran soal penguranga bilangan cacah teknik meminjam karena siswa kelas III Sekolah Dasar masih berada pada tahap berfikir kongkrit (2) Bagi guru disarankan hendaknya menerapkan media Blok Dienes dalam pembelajaran soal pengurangan bilangan cacah teknik meminjam untuk siswa kelas III Sekolah Dasar selanjutnya (3) Bagi Peneliti lain yang akan menggunakan media Blok Dienes disarankan untuk (a) medianya berwarna-warna untuk menarik perhatian siswa dan siswa tetap merasa senang dan bahannya yang tidak membahayakan siswa (b) menerapkan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam berinteraksi dengan teman dan guru contohnya Contekstual Teaching and Learning(CTL) (c) menerapkan metode diskusi atau bekerja kelompok untuk mempermudah memberikan bimbingan dalam menghadapi siswa yang mengalami kesulitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104177

Actions (login required)

View Item View Item