Penggunaan model kooperatif terpadu membaca dan menulis untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SD Srigading I / Rizky Budi Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model kooperatif terpadu membaca dan menulis untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SD Srigading I / Rizky Budi Utami

Utami, Rizky Budi (2012) Penggunaan model kooperatif terpadu membaca dan menulis untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SD Srigading I / Rizky Budi Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model kooperatif terpadu membaca dan menulis aktivitas belajar hasil belajar bahasa indonesia. Berdasarkan hasil observasi awal di SDN Srigading 1 Kab.Malang penerapan model kooperatif terpadu membaca dan menulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia belum pernah dilakukan. Guru masih menggunakan pembelajaran konvensional dan siswa pasif selama pembelajaran. Hasil observasi aktivitas belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pra tindakan yaitu 20 untuk skala penilaian 1-100 dari 31 siswa. Berdasarkan hal tersebut Penerapan model kooperatif terpadu membaca dan menulis perlu digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran karena siswa dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan model kooperatif terpadu membaca dan menulis pada siswa kelas IV SDN Srigading 1 Kab.Malang yang dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi ( 2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Srigading 1 Kab.Malang melalui model kooperatif terpadu membaca dan menulis. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK. Pelaksanaan PTK mengacu pada model siklus PTK oleh Kemmis dan Taggart meliputi empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan (1) pada praktik siklus I siswa kurang memahami cara belajar dengan model kooperatif terpadu membaca dan menulis pada praktik siklus II siswa telah melakukan pembelajaran sesuai dengan model kooperatif terpadu membaca dan menulis (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata mencapai 71.29 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82.09 jadi mengalami peningkatan 26.79% (3) hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata mencapai 63.38 sedangkan siklus II meningkat menjadi 92.90 jadi mengalami peningkatan 29.52%. Kesimpulan dari penelitian dengan penerapan model kooperatif terpadu membaca dan menulis melalui beberapa tahapan sebagai berikut (1) pemberian bacaan di awal kegiatan pembelajaran (2) pra penulisan (3) pemburaman (4) berbagi (5) perbaikan (6) penyuntingan (7) penulisan kembali (8) evaluasi (9) publishing (10) aktivitas dan hasil siswa meningkat. Peneliti menyarankan kepada guru agar menerapkan model kooperatif terpadu membaca dan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran ini masih dapat dikembangkan dengan menitik beratkan pada pengkondisian ruangan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104176

Actions (login required)

View Item View Item