Penggunaan teknik permainan bahasa category bingo untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V di SDN Tumpakrejo 03 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang / Harvey Agil Aprianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan teknik permainan bahasa category bingo untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V di SDN Tumpakrejo 03 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang / Harvey Agil Aprianto

Aprianto, Harvey Agil (2012) Penggunaan teknik permainan bahasa category bingo untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V di SDN Tumpakrejo 03 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang / Harvey Agil Aprianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Teknik Permainan Bahasa Category Bingo Menulis Puisi SD. Hasil observasi awal di SDN Tumpakrejo 03 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang belum pernah menerapkan teknik permainan bahasa category bingo dalam pembelajaran menulis puisi. Guru masih menggunakan pembelajaran yang masih sederhana. Dalam kegiatan pembelajaran menulis puisi sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan untuk menemukan ide dan merangkai kata-kata. Berdasarkan hal tersebut Penerapan teknik permainan bahasa category bingo perlu digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran karena siswa dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan proses penggunaan teknik permainan bahasa Category bingo dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN Tumpakrejo 03 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi dengan mengunakan teknik permainan bahasa Category bingo pada siswa kelas V SDN Tumpakrejo 03 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik permainan bahasa category bingo dapat membantu siswa dalam menemukan ide dalam penulisan puisi serta siswa lebih terarah dalam mengembangkan ide yang telah mereka peroleh. Berdasarkan analisis data hasil penelitian setelah diterapkan teknik permainan bahasa category bingo dalam menulis puisi diketahui bahwa Secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari hasil belajar pada pra tindakan yang semula 12 siswa (40%) menjadi 16 siswa (53 34 %) dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II menjadi 26 siswa (86 67 %). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan teknik permainan bahasa category bingo dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi. Peneliti menyarankan kepada Kepala Sekolah untuk memberi masukan kepada guru tentang pembelajaran teknik permainan bahasa category bingo sedangkan bagi guru agar menerapkan teknik permainan bahasa category bingo. Pembelajaran ini masih dapat dikembangkan dengan menitik beratkan pada sikap belajar karena dalam penelitian ini masih belum terlihat secara jelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104175

Actions (login required)

View Item View Item