Peningkatan hasil belajar pemahaman konsep dan keterampilan jaring-jaring kubus melalui penggunaan media heksamino di kelas IV SDN Bareng 4 Malang / Danang Yoga Satria - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar pemahaman konsep dan keterampilan jaring-jaring kubus melalui penggunaan media heksamino di kelas IV SDN Bareng 4 Malang / Danang Yoga Satria

Satria, Danang Yoga (2012) Peningkatan hasil belajar pemahaman konsep dan keterampilan jaring-jaring kubus melalui penggunaan media heksamino di kelas IV SDN Bareng 4 Malang / Danang Yoga Satria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Hasil belajar Heksamino Sekolah Dasar Dalam pembelajaran Matematika guru hendaknya dapat menyajikan pelajaran yang efektif dan efisien sesuai dengan kurikulum dan pola pikir siswa. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran Matematika kondisi tersebut disebabkan beberapa faktor salah satunya adalah kurangnya pengembangan media dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran heksamino pada mata pelajaran Matematika kelas IV SDN Bareng 4 Kota Malang (2) mendeskripsikan pemanfaatan media heksamino untuk meningkatkan hasil belajar Matematika kompetensi dasar menentukan jaring-jaring balok dan kubus kelas IV SDN Bareng 4 Kota Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada pendapat Suharsimi Arikunto. Langkah Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bareng 4 Kota Malang dengan jumlah siswa 22 anak. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media heksamino dapat meningkatkan hasil belajar menentukan jaring-jaring balok dan kubus siswa kelas IV SDN Bareng 4 Kota Malang. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 66% dengan ketuntasan belajar 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media heksamino dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan jaring-jaring kubus siswa kelas IV SDN Bareng 4 Kota Malang. Disarankan agar guru dapat menciptakan variasi dan dapat memanfaatkan media benda kongkret pada materi lain yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104174

Actions (login required)

View Item View Item