Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) siswa kelas V SDN Ngaglik 2 Kabupaten Blitar / Niswatul Mu'alamah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) siswa kelas V SDN Ngaglik 2 Kabupaten Blitar / Niswatul Mu'alamah

Mu'alamah, Niswatul (2012) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) siswa kelas V SDN Ngaglik 2 Kabupaten Blitar / Niswatul Mu'alamah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci membaca pemahaman cooperative integrated reading composition Observasi awal yang dilakukan di SDN Ngaglik 2 kelas V semester 1 pembelajaran bahasa Indonesia membaca pemahaman belum memenuhi harapan dan sebagian besar siswa tidak mencapai KKM. Penyebab di antaranya adalah pembelajaran membaca yang dilakukan guru masih konvensional tidak ada interaksi antar siswa dan siswa bersifat pasif dalam pembelajaran. Berkaitan dengan itu maka diperlukan perbaikan mengenai kemampuan membaca pemahaman yaitu melalui model pembelajaran CIRC. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut. Pertama membahas tentang penerapan model pembelajaran CIRC untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Kedua membahas peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui model CIRC. Penelitian dirancang dengan menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Data yang diambil adalah data tentang aktifitas siswa aktifitas guru dalam menerapkan CIRC dan tes akhir siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data pembelajaran membaca pemahaman melalui model CIRC dapat terlaksana dengan baik pada siklus 1 mencapai nilai 77% dengan kriteria cukup dan meningkat menjadi 100% dengan kriteria baik. Sedangkan peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siklus I yaitu 56%. Dari 23 siswa hanya 12 siswa yang mampu mencapai ketuntasan. Pada siklus II 23 siswa telah mencapai KKM yang ditentukan keberhasilan pada penelitian siklus 2 ini adalah 91%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman melalui model CIRC dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan meliputi kemampuan memahami kosa kata menemukan gagasan utama menjawab pertanyaan dan menceritakan kembali. Sehingga disarankan bagi guru untuk menggunakan model CIRC pada pembelajaran membaca pemahaman agar kemampuan membaca pemahaman siswa menjadi meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104173

Actions (login required)

View Item View Item