Peningkatan keterampilan menulis surat pribadi melalui pendekatan keterampilan proses di kelas IV SDN Sutojayan 02 Kabupaten Blitar / Arina Manasikana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis surat pribadi melalui pendekatan keterampilan proses di kelas IV SDN Sutojayan 02 Kabupaten Blitar / Arina Manasikana

Manasikana, Arina (2012) Peningkatan keterampilan menulis surat pribadi melalui pendekatan keterampilan proses di kelas IV SDN Sutojayan 02 Kabupaten Blitar / Arina Manasikana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci menulis surat pribadi pendekatan keterampilan proses. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa siswa kelas IV SDN Sutojayan 02 Kabupaten Blitar memiliki kemampuan menulis surat pribadi yang rendah. Maka perlu diadakan penelitian untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran menulis surat pribadi siswa kelas IV SDN Sutojayan 02 Kabupaten Blitar 2) Apakah pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi siswa kelas IV di SDN Sutojayan 02 kabupaten Blitar Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis surat pribadi melalui pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil menulis surat pribadi siswa kelas IV SDN Sutojayan 02 yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pra tindakan 65 siklus I 74 dan siklus II 84 . Ketuntasan belajar pada pra tindakan sebesar 20% siklus I sebesar 70% dan siklus II 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menulis surat pribadi melalui pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar menulis surat pribadi siswa kelas IV SDN Sutojayan 02 Blitar. Oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan pendekatan keterampilan proses dalam melaksanakan pembelajaran menulis surat pribadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104172

Actions (login required)

View Item View Item