Santoso, Eko Budi (2012) Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe stad untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik pada siswa kelas II SDN Kemirisewu II Pasuruan / Eko Budi Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Tematik Model cooperative learning tipe STAD Aktivitas siswa Hasil Belajar. SDN Kemirisewu II kecamatan pandaan kabupaten Pasuruan merupakan sekolah yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan kondisi tentang rendahnya penguasaan mata pelajaranIPS khususnya materi menceritakan peristiwa penting dalam keluarga. Permasalahan ini dicoba diatasi dengan penggunaan model cooperatif tipe STAD dengan media gambar. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan 1) penerapan model cooperatif Learningtipe STADpadamatapelajaran IPS dengan Tematikpada materipokokmenceritakanperistiwapentingdalamkeluargapadasiswakelas II SDN Kemirisewu II Pasuruan 2) peningkatan aktivitasbelajarsiswasetelahditerapkan model cooperatif tipe STADpadamatapelajaran IPSdengan Tematik pada materipokokmenceritakanperistiwapentingdalamkeluargapadasiswakelas II SDN Kemirisewu II Pasuruan 3) peningkatan hasilbelajarsiswasetelahditerapkan model cooperatif tipe STADpadamatapelajaran IPSdengan Tematik pada materipokokmenceritakanperistiwapentingdalamkeluargapadasiswakelas IISDN Kemirisewu II Pasuruan Penelitian ini menggunakan jenis PenelitianTindakanKelas yang meliputi beberapa tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan pengumpulan data diperoleh dari observasi wawancara dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas II SDN Kemirisewu II Pasuruan dengan banyaknya siswa 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2011-2012 jenis data yang dipakai dalam penelitian ini berupa nilai evaluasi LKS soal test akhir sebanyak 10 soal pilihan ganda dan 5 essai lembar observasi Aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil Penelitian pembelajaran melalui model Cooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pelajaran IPS siswa kelas II SDN Kemirisewu II Pasuruan. Hal itu ditunjukan rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 42% meningkat menjadi 91% pada siklus II. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 45 71% pada siklus I sebesar54 28% dan meningkat menjadi 77 14% pada siklus II. Karena ketuntasan hasil belajar lebih dari 85% maka kegiatan penelitian dihentikan. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan kepada guru agar dapatmenggunakanmodel cooperatif Learning tipe STAD padakompetensidasar lain bagiKepalasekolahagarmensosialisasikanpenggunaanmodel Cooperatif Learning tipe STADkepada guru-guru yang lain penelitianinimasihbanyakkekuranganbagipenelitilanjutan agar meminimalisirkekurangansupayapenelitianselanjutnyalebihbaik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104169 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |