Peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui metode survey,question,read,recite,review (SQ3R) siswa kelas IV SDN Wonotirto 02 Kabupaten Blitar / Utami Ririn Puji - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui metode survey,question,read,recite,review (SQ3R) siswa kelas IV SDN Wonotirto 02 Kabupaten Blitar / Utami Ririn Puji

Utami, Ririn Puji (2012) Peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui metode survey,question,read,recite,review (SQ3R) siswa kelas IV SDN Wonotirto 02 Kabupaten Blitar / Utami Ririn Puji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Keterampilan Membaca Pemahaman Metode SQ3R Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa siswa kelas V SDN Wonotirto 02 Kabupaten Blitar memiliki kemampuan membaca pemahaman yang rendah. Maka perlu diadakan penelitian untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas V SDN Wonotirto 02 Kabupaten Blitar 2) Bagaimana peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Wonotirto 02 Kabupaten Blitar dengan menggunakan metode SQ3R Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman melalui metode SQ3R dapat meningkatkan ketrampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Wonotirto 02 yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pratindakan 63 siklus I 70 dan siklus II 87. Ketuntasan klasikal siklus I sebesar 42% dan siklus II 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran membaca pemahaman melalui metode SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V SDN Wonotirto 02 oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan metode SQ3R dalam melaksanakan pembelajaran membaca pemahaman

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104168

Actions (login required)

View Item View Item