Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Bandulan 05 Malang / Andri Hermawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Bandulan 05 Malang / Andri Hermawan

Hermawan, Andri (2012) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Bandulan 05 Malang / Andri Hermawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Pembelajaran Kooperatif STAD Aktivitas Belajar Hasil Belajar IPS SD Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas V SDN Bandulan 05 Malang pada kegiatan pembelajaran IPS dan wawancara dengan guru kelas V SDN Bandulan 05 Malang dapat diketahui beberapa permasalahan pada pembelajaran IPS di antaranya adalah siswa cenderung pasif saat kegiatan pembelajaran berlangsung siswa juga kesulitan dalam menentukan letak suku bangsa dalam peta. Selain itu metode pembelajaran yang sering digunakan adalah metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Bandulan 05 Malang dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini mengacu pada rancangan penelitian model Kemmis dan Taggart (Sa dun Akbar 2010 30) yang terdiri dari (1) perencanaan tindakan ( 2) pelaksanaan tindakan dan pengamatan (observasi) (3) refleksi (4) revisi.. Untuk mengumpulkan data instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa 1) lembar observasi 2) soal tes 3) RPP dan APKG. Seorang siswa dinyatakan tuntas belajarnya apabila telah mencapai skor 70. Pelaksanaan pembelajaran dibagi dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (a) perencanaan (b) pelaksanaan tindakan dan observasi (c) refleksi (d) revisi. Kemudian setiap penelitian ada 2 kali pertemuan. Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bandulan 05 kota Malang. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dilihat dari proses pembelajaran pada pra tindakan nilai rata-rata siswa 40 4 % pada pelaksanaan siklus I pertemuan ke-1 meningkat menjadi 44 5 % sedangkan pelaksanaan siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 61 81 dan siklus II pertemuan pertama hasil belajar siswa mencapai 67 5 % dan pada siklus II pertemuan kedua hasil belajar siswa meningkat menjadi 73 3 %. Kesimpulan 1) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD dapat diterapkan pada mata pelajaran IPS kelas V materi keanekaragaman suku bangsa. Pada kegiatan pembelajaran siswa melakukan diskusi kelompok untuk memecahkan masalah yang diberikan guru setelah itu siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok lain memberi tanggapan. Pada awal penerapan model pembelajaran STAD siswa agak sulit dikondisikan untuk kerja kelompok tetapi pada akhirnya siswa dapat dikondisikan untuk melakukan kegiatan kerja kelompok. 2) Penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari siklus I dan siklus II yang dilakukan dengan pengamatan hasil belajar siswa melalui tes formatif maka diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa diatas KKM. Pada tahap pra tindakan nilai rata-rata hasil belajar siswa 40 4 kemudian pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 61 81 dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 73 3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104167

Actions (login required)

View Item View Item