Rusanti, Citra (2012) Penerapan model group investigation untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV SDN Blayu 01 Kecamatan Wajak Kabupaten Malang / Citra Rusanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Pembelajaran Group Investigation Pembelajaran IPA. Pembelajaran harus dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Berdasarkan observasi di SDN Blayu 01 Kecamatan Wajak Kabupaten Malang pembelajaran cenderung monoton dan tidak memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengungkapkan pendapatnya. Kegiatan siswa terlihat pasif hanya mencatat apa yang disampaikan oleh guru dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Hal ini menyebabkan siswa kurang bisa membangun konsep pengetahuannya sendiri dan bertukar pikiran dengan guru maupun teman sekelasnya sehingga pembelajaran IPA dari segi proses dan hasil masih belum maksimal. Hasil belajar yang diperoleh siswa pun belum mencapai KKM yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan model Group Investigation dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Blayu 01 Kecamatan Wajak Kabupaten Malang (2) meningkatkan aktivitas siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan model Group Investigation siswa kelas IV SDN Blayu 01 Kecamatan Wajak Kabupaten Malang (3) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA setelah menerapkan model Group Investigation di kelas IV SDN Blayu 01 Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Blayu 01 Kecamatan Wajak Kabupaten Malang tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 30 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK yang meliputi empat tahap yaitu 1) planning 2) acting observing 3) reflecting dan 4) revise plan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Group Investigation di kelas IV SDN Blayu 01 Kecamatan Wajak Kabupaten Malang dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini terbukti dengan tercapainya seluruh indikator dalam RPP dengan baik yang dibuat berorientasi pada keaktifan siswa. Pada setiap siklus indikator dapat tercapai dengan baik sesuai RPP yang dibuat yaitu 82 61 pada siklus I dan meningkat menjadi 93 48 pada siklus II. Penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini terbukti dengan skor rata-rata siswa pada siklus I yang mencapai 40 67 dan meningkat pada siklus II dengan memperoleh skor rata-rata 69. Selain aktivitas juga dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini terbukti dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yang mendapat nilai 62 93 dengan ketuntasan belajar kelas sebesar 48 33% meningkat menjadi 76 27 dengan ketuntasan belajar kelas sebesar 80% pada siklus II. Hal ini berarti dengan menerapkan model Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Blayu 01 Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan sebelum melaksanakan pembelajaran dengan model Group Investigation sebaiknya dilakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu untuk menghindari kekacauan dalam kelas dan lebih teliti dalam menilai aktivitas siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104166 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |