Saputra, Dedy Meyga (2012) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV melalui penerapan model clis di SDN Kemirisewu 2 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Dedy Meyga Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci PTK Aktivitas belajar Hasil belajar Pembelajaran IPA Model CLIS (Children Learning In Science). SDN Kemirisewu 2 Kec. Pandaan Kab. Pasuruan merupakan sekolah yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan kondisi tentang rendahnya penguasaan materi dikarenakan kurang menggunakan model pembelajaran inovatif. Siswa cenderung terlihat jenuh setiap kali pembelajaran karena hanya mendengarkan ceramah dari guru. Permasalahan ini dicoba diatasi dengan penggunaan model CLIS untuk meningkatkan keaktifan siswa sehingga siswa lebih mudah dalam memahami konsep IPA. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan 1) penerapan model CLIS pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Kemirisewu 2 Kec. Pandaan Kab. Pasuruan 2) peningkatan aktivitas belajar siswa setelah diterapkan model CLIS pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Kemirisewu 2 Kec. Pandaan Kab. Pasuruan 3) peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model CLIS pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Kemirisewu 2 Kec. Pandaan Kab. Pasuruan. Penelitian ini menggunakan jenis PTK yang meliputi beberapa tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan pengumpulan data diperoleh dari observasi wawancara dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN Kemirisewu 2 Kec. Pandaan Kab. Pasuruan dengan banyaknya siswa 37 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2011-2012 jenis data yang dipakai dalam penelitian ini berupa nilai IPA LKS soal test akhir sebanyak 15 soal lembar observasi penguasaan materi siswa dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil Penelitian penerapan model CLIS meliputi tahap orientasi pemunculan gagasan kontruksi gagasan penerapan gagasan kajian ulang perubahan gagasan. Penerapan model CLIS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Kemirisewu 2 Kec. Pandaan Kab. Pasuruan. Hal itu ditunjukan rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 66 29% meningkat menjadi 93 04% pada siklus II. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 35 13% pada siklus I sebesar 64 86% dan meningkat menjadi 89 18 pada siklus II. Karena ketuntasan hasil belajar lebih dari 70% maka kegiatan penelitian dihentikan. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan kepada guru menciptakan suatu inovasi dalam pembelajaran Bagi Kepala sekolah agar mensosialisasikan hasil penelitian kepada guru-guru yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104165 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |