Peningkatan kemampuan menggambar ekspresi melalui penerapan model pembelajaran kreatif -produktif pada kelas II SDN Pagentan 02 Kecamatan Singosari / Vivi Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menggambar ekspresi melalui penerapan model pembelajaran kreatif -produktif pada kelas II SDN Pagentan 02 Kecamatan Singosari / Vivi Fatmawati

Fatmawati, Vivi (2012) Peningkatan kemampuan menggambar ekspresi melalui penerapan model pembelajaran kreatif -produktif pada kelas II SDN Pagentan 02 Kecamatan Singosari / Vivi Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci menggambar ekspresi model pembelajaran kreatif-produktif SD Pembelajaran menggambar sangat penting untuk diberikan di SD karena dapat meningkatkan daya kreativitas serta menumbuhkan rasa percaya terhadap potensi yang dimiliki karena siswa mempunyai kesempatan untuk berekspresi secara optimal melalui seni. Menggambar ekspresi obyek binatang adalah menggambar binatang dengan bentuk dan warna yang sesuai dengan pengalaman anak. Kemampuan siswa dalam menggambar masih kurang oleh karena itu guru seharusnya menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggambar ekspresi. Kenyataannya guru masih menerapkan pembelajaran konvensional oleh karena itu perlu tindakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggambar ekspresi. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran Kreatif-Produktif dalam menggambar ekspresi 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menggambar ekspresi pada siswa kelas II SDN Pagentan 02 Kecamatan Singosari dengan penerapan pembelajaran kreatif-produktif. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif dengan pendekatan PTK subyek penelitian adalah siswa kelas II SDN Pagentan 02 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah hasil/produk gambar siswa lembar observasi dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data yang dikumpulkan digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan pembelajaran kreatif-produktif yang dilakukan guru mengalami peningkatan pada siklus 1 skor menunjukkan prosentase dengan kategori baik sedangkan pada siklus 2 menjadi kategori sangat baik 2) kemampuan siswa dalam menggambar mengalami peningkatan gambar yang dihasilkan lebih bervariasi siswa lebih aktif dan bersungguh-sungguh dalam kegiatan menggambar sehingga semua siswa dapat menyelesaikan gambarnya dan nilai produk gambar siswa mengalami peningkatan pada pra tindakan mencapai 31 25% kemudian mengalami peningkatan sebesar 28 75% menjadi 60% pada siklus 1 dan mengalami peningkatan sebesar 26 67% pada siklus 2 menjadi 86 67%. Berdasarkan paparan data dan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kreatif-produktif merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran menggambar ekspresi langkah-langkah pembelajarannya terdiri dari orientasi menggali ide (eksplorasi dan interpretasi) re-kreasi dan evaluasi. Disarankan agar 1) pemberian orientasi lebih kreatif dan dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari agar siswa antusias pada kegiatan pembelajaran 2) perlunya pemberian motivasi dan penguatan yang terus-menerus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104164

Actions (login required)

View Item View Item