Amzah, Siti (2012) Penggunaan media lingkungan untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat berita transitif bahasa Indonesia di kelas II SDN Arjosari 1 Malang / Siti Amzah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
M.Pd. Kata kunci Media Lingkungan Keterampilan Menulis Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Pembelajaran adalah proses mengontruksi pengetahuan pada diri siswa kontruksi dalam pembelajaran adalah sesuatu yang sangat kontributif. Pada proses pembelajaran yang aktif siswa dipandang sebagai subyek bukan sebagai obyek dan kegiatan belajar lebih dipentingkan daripada mengajar. Selain itu siswa berpartisipasi ikut mencoba dan melakukannya sendiri apa yang sedang dipelajari. Sedangkan dalam pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran aktif fungsi guru adalah menciptakan suatu kondisi belajar yang memungkinkan siswa berkembang secara optimal. Salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah media lingkungan dimana lingkungan yang dimaksud adalah sekitar tempat siswa belajar. Media ini memberikan gambaran yang nyata dan kongkrit dalam proses belajar bagi siswa sehingga memudahkan bagi mereka untuk memahami konsep-konsep dari mata pelajaran yang sedang dipelajari Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penggunaan media lingkungan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis kalimat berita transitif di kelas II SDN Arjosari I Kota Malang (2) Mendeskripsikan keterampilan siswa dalam menulis kalimat berita transitif melalui penggunaan media lingkungan di kelas II SDN Arjosari I Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media lingkungan dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat berita transitif siswa kelas II SDN Arjosari I Kecamatan Blimbing Kota Malang Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan tahapan-tahapan adalah (1) melakukan persiapan bahan peralatan petunjuk dan aturan-aturannya (2) pelaksanaan dengan menghindari kejadian-kejadian yang dapat mengganggu ketenangan (3) tindak lanjut dilaksanakan dengan diskusi materi pelajaran melakukan tes untuk melatih keterampilan menulis laporan dan memberikan balikan terkait materi. Penggunaan Media Lingkungan dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis kalimat berita transitif siklus I dan II pada siswa kelas II SDN Arjosari I Kecamatan Blimbing Kota Malang Tahun Pelajaran 2010/2011. Peningkatan prestasi ditunjukkan dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 67 03 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 85 36. Berdasarkan hal tersebut maka pembelajaran dengan menggunakan Media Lingkungan dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104163 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |