Penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ardimulyo 03 Singosari Malang / Eva Agustine Yusnita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ardimulyo 03 Singosari Malang / Eva Agustine Yusnita Sari

Sari, Eva Agustine Yusnita (2012) Penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ardimulyo 03 Singosari Malang / Eva Agustine Yusnita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendekatan kontekstual aktivitas belajar hasil belajar mata pelajaran IPA Permasalahan yang terkait dengan hasil belajar terutama pada mata pelajaran IPA terjadi karena beberapa faktor yaitu minimnya aktivitas siswa. Berdasarkan observasi pendahuluan pada mata pelajaran IPA yang dilakukan peneliti terhadap guru dan siswa kelas IV SDN Ardimulyo 03 menunjukkan bahwa rata-rata kelas baru mencapai 63 3 dan siswa yang nilainya memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (SKM) sebanyak 12 dari 33 siswa atau 36 4%. Pencapaian prestasi siswa pada mata pelajaran IPA di bawah SKM yaitu 70. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPA aktivitas siswa selama diterapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa. Dengan diterapkannya pendekatan kontekstual peran siswa lebih lebih dominan daripada peran guru dalam pembelajaran. Dengan 7 komponen yaitu constructivism inquiry questioning learning community modelling reflection authentic assessment. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian yang dilaksanakan 2 siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun pendekatan penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 33 siswa kelas IV SDN Ardimulyo 03 Singosari Malang. Hasil penelitian dengan penerapan pendekatan kontekstual menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas IV meningkat ditandai dengan aspek-aspek yang diamati (construktivism inquiry questioning dan authentic assesment) dari siklus I sebesar 70 9 pada siklus II meningkat menjadi 83 5. Selain itu peningkatan hasil belajar siswa sebelum penerapan pendekatan kontekstual yang hanya mencapai rata-rata 63 3 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan individu sebanyak 12 siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa diperoleh rata-rata sebesar 70 9 sebanyak 19 siswa (57 6%) sudah memenuhi ketuntasan. Kemudian meningkat lagi pada siklus II rata-rata siklus II rata-rata menjadi 83 5 sebanyak 29 (87 9%) siswa sudah memenuhi SKM. Apabila seorang peneliti lain ingin menerapkan model ini diharapkan bisa memperhatikan hal-hal atau kendala yang mempengaruhi pembelajaran tersebut agar penerapan pendekatan kontekstual dapat berjalan secara optimal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104159

Actions (login required)

View Item View Item