Penerapan model pembelajaran example non example untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Lesanpuro 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Furaya Ode Laramba - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran example non example untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Lesanpuro 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Furaya Ode Laramba

Laramba, Furaya Ode (2012) Penerapan model pembelajaran example non example untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Lesanpuro 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Furaya Ode Laramba. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Example Non Example hasil belajar IPA SD. Penerapan model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran secara tepat dapat membantu dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu contoh model pembelajaran yang dapat di gunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA adalah model pembelajaran Example Non Example. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran Example Non Example untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Lesanpuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang (2) bagaimanakah keaktifan siswa kelas V SDN Lesanpuro I pada penerapan model pembelajaran Example non Example (3) apakah Penerapan Model Example non Example dapat meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Lesanpuro I Kecamatan Kedung Kandang Kabupaten Kota Malang. Penelitian ini dilakasanakan di SDN Lesanpuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang pada siswa kelas V Semester 2 bulan Maret-Mei 2011. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Deskrptif Kualitatif. Jenis penelitian yang akan di terapkan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian yang di gunakan adalah rancangan penelitian model MC. Kemmis Taggart. Penelitian ini bersifat kolaboratif karena melibatkan guru kelas V teman sejawat dan peneliti selama penelitian berlangsung dan data yang diperoleh dengan menggunakan metode wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Example non Example dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Lesanpuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di sarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penerapan model Example non Example misalnya untuk meningkatkan aktivitas siswa kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104158

Actions (login required)

View Item View Item