Peningkatan proses dan hasil belajar IPS melalui cooperative learning tipe stad bagi siswa kelas III SDN Tulusrejo II kota malang / Ajeng Berlianing Tyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan proses dan hasil belajar IPS melalui cooperative learning tipe stad bagi siswa kelas III SDN Tulusrejo II kota malang / Ajeng Berlianing Tyas

Tyas, Ajeng Berlianing (2012) Peningkatan proses dan hasil belajar IPS melalui cooperative learning tipe stad bagi siswa kelas III SDN Tulusrejo II kota malang / Ajeng Berlianing Tyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci proses belajar hasil belajar IPS cooperative learning STAD Pembelajaran IPS di sekolah dasar diarahkan agar siswa memahami gejala-gejala sosial dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan hal tersebut dapat terjadi apabila siswa terlibat dan mengalami sendiri pembelajaran di kelas. Tetapi kenyataan yang terjadi di SDN Tulusrejo 2 Malang siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran IPS dan berpengaruh pula terhadap hasil belajar mereka. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran IPS masih bersifat konvensinal dan didominasi oleh guru. Siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran. Permasalahan tersebut coba diatasi dengan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD yang menuntut siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dan hal tersebut juga akan berdampak pada hasil belajar siswa. Kegiatan belajarnya berkelompok dengan membahas materi dan soal dari guru. Semua siswa dalam kelompok aktif karena memiliki tugas yang jelas. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Menerapkan model cooperative learning tipe STAD pada mata pelajaran IPS siswa kelas III di SDN Tulusrejo II Kota Malang (2) Menerapkan model cooperative learning tipe STAD untuk meningkatkan proses belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS (3) Menerapkan model cooperative learning tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian yang dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdiri dari tiga tahap . Pada siklus satu yang terdiri dari dua pertemuan dan pada siklus dua terdiri satu pertemuan. Subyek penelitian ini adalah 43 siswa kelas III SDN Tulusrejo 2 Kota Malang. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti didapatkan hasil yaitu skor postes rata-rata siklus I dapat diketahui bahwa dari 43 siswa sebanyak 22 siswa (31%) telah mencapai ketuntasan belajar yang telah ditetapkan yaitu 70 sedangkan 21 siswa (46%) belum mencapai ketuntasan belajar. Pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus II ketuntasan belajar klasikal mencapai (86%). Berdasarkan penelitian ini disarankan bagi guru dan peneliti lanjutan diharapkan dapat menciptakan suatu inovasi dalam pembelajaran dan mengkombinasikannya dengan beberapa pembelajaran yang cocok dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104156

Actions (login required)

View Item View Item